PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI DOWNWARD TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI KARYAWAN (Kasus pada Karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen)

NOVERA, ENNE (2022) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI DOWNWARD TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI KARYAWAN (Kasus pada Karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (ENNE NOVERA)
17 09 06359 0.pdf

Download (994kB)
[img] Text
17 09 06359 1.pdf

Download (853kB)
[img] Text
17 09 06359 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
17 09 06359 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text
17 09 06359 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Downward atau biasa disebut dengan komunikasi ke bawah yang berarti informasi berputar dari individu yang memiliki kekuasaan tertinggi kepada mereka yang rendah kekuasaanya, model komunikasi ini merupakan model umum komunikasi dalam suatu organisasi. Objek pada penelitian ini yaitu kualitas komunikasi Downward yang merupakan tingkat baik atau buruknya komunikasi yang terjalin dari atasan pada manajemen puncak (Top Manajemen) yang memiliki kedudukan tinggi dalam hal memberikan pesan baik instruksi, deskripsi kerja, tugas, dan informasi kepada karyawan pada saat melakukan pekerjaan kepada bawahan atau karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hambatan komunikasi yang terjadi oleh atasan di mana menemukan kesalahpamahan informasi yang diterima tentang laporan operasional pemerintah yang belum dilaksanakan secara maksimal. Komunikasi Downward yang baik oleh atasan diperlukan agar karyawan tidak merasa terbebani atas ketidakjelasan informasi sehingga menimbulkan kepuasan komunikasi. Kepuasan pada konsep ini berkaitan dengan kenyamanan atas komunikasi yang terjalin bagi karyawan saat bekerja di mana penerimaan pesan sesuai dengan harapan dan dirasakan oleh karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi Downward terhadap kepuasan komunikasi karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian dasar atau disebut dengan (basic research) atau penelitian yang murni dari usaha peneliti untuk memperoleh informasi melalui pengumpulan data demi memperoleh sesuatu yang baru. Metode yang digunakan adalah survei dengan instrumen kuesioner dan menggunakan teknik pengumpulan total sampling sebanyak 52 responden yang merupakan total keseluruhan karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen termasuk pimpinan pada manajemen puncak. Kuesioner penelitian ini diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen kualitas komunikasi Downward dengan variabel dependen kepuasan komunikasi karyawan sebesar 0,887 , dan uji regresi menunjukkan pengaruh sebesar 0,769 atau 76,9% serta kontribusi variabel dependen terhadap variabel independen adalah sebesar 7,534. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas komunikasi Downward berpengaruh terhadap kepuasan komunikasi karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Downward, Kepuasan Komunikasi Karyawan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 May 2022 13:00
Last Modified: 11 May 2022 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26727

Actions (login required)

View Item View Item