TAHAPAN PERENCANAAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA KONTEN INSTAGRAM @ruangmemberi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Departemen yang Menangani Social Media di Ruang Memberi sebagai Organisasi Non-Profit Berbasis Online)

WIYONO, TRIFOSHA ADI (2022) TAHAPAN PERENCANAAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA KONTEN INSTAGRAM @ruangmemberi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Departemen yang Menangani Social Media di Ruang Memberi sebagai Organisasi Non-Profit Berbasis Online). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (TRIFOSHA ADI WIYONO)
17 09 06386 0.pdf

Download (715kB)
[img] Text
17 09 06386 1.pdf

Download (648kB)
[img] Text
17 09 06386 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17 09 06386 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17 09 06386 4.pdf

Download (606kB)

Abstract

Fenomena maraknya berbagai kegiatan yang dilakukan secara online membuat pelaku organisasi bergencaran untuk melakukan kegiatan pemasaran secara online. Kegiatan pemasaran online dilakukan dalam berbagai platform media sosial atau yang dapat disebut dengan social media marketing. Salah satu media sosial yang digunakan dalam melakukan social media marketing adalah Instagram. Melalui Instagram, pelaku organisasi dengan mudahnya dapat memasarkan kegiatan dengan cara membuat konten dalam bentuk foto atau video. Melakukan social media marketing dengan media sosial Instagram dapat membangun kesadaran publik (brand awareness). Penelitian ini menggunakan konten Instagram Ruang Memberi sebagai objek penelitian karena Instagram merupakan media sosial utama yang digunakan dalam memberikan value serta membangun brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan perencanaan social media marketing pada konten Instagram @ruangmemberi. Objek penelitian ini adalah konten Instagram Ruang Memberi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif guna memaparkan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan yang akan dikaitkan dengan beberapa teori yang digunakan dalam menganalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan studi dokumentasi terhadap departemen yang menangani media sosial di Ruang Memberi serta pada konten Instagram @ruangmemberi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa tahapan perencanaan social media marketing pada konten Instagram @ruangmemberi melalui beberapa tahapan, diantaranya, Situation Analysis, Identify Social Media Marketing Objectives and Set Budgets, Profile the Target Audience of Social Consumers, Select Social Media Channels and Vehicles, Create a strategy, Establish an activation plan using other promotional tools, dan Execute and Measure. Pemanfaatan Instagram sebagai media sosial utama memanfaatkan fiturfitur pendukung. Evaluasi dilihat pada hasil jumlah followers yang bertambah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Media Sosial, Instagram, Pemasaran Online, Brand Awareness
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 May 2022 13:24
Last Modified: 11 May 2022 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26730

Actions (login required)

View Item View Item