IMPLEMENTASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA PERAWAT DAN PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT NYITDAH KABUPATEN TABANAN PROVINSI BALI

PUTRI, NI KADEK ADELIA SWANDANI (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA PERAWAT DAN PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT NYITDAH KABUPATEN TABANAN PROVINSI BALI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (NI KADEK ADELIA SWANDANI PUTRI)
17 09 06472 0.pdf

Download (717kB)
[img] Text
17 09 06472 1.pdf

Download (668kB)
[img] Text
17 09 06472 2.pdf

Download (915kB)
[img] Text
17 09 06472 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
17 09 06472 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar pada ranah kesehatan. Virus COVID-19 yang merupakan virus baru dan menyebar secara cepat dan luas membuat tenaga kesehatan kewalahan menghadapinya. Adanya aturan harus menjalani isolasi serta pemberitaan yang beredar di media berdampak pada terganggunya psikologis Pasien yang terjangkit virus tersebut. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh sedikitnya informasi yang Pasien ketahui tentang virus COVID-19 serta cara penyembuhannya. Maka dari itu, perlu adanya penerapan Komunikasi Terapeutik yang dilakukan oleh Perawat kepada Pasien yang diharapkan mampu membantu proses penyembuhan menjadi lebih efektif. Pada penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana implementasi Komunikasi Terapeutik antara Perawat dan Pasien COVID-19 yang terjadi di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Nyitdah Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta studi dokumen. Narasumber yang terdapat di penelitian ini meliputi empat orang. Dua orang merupakan Perawat yang bertugas di ruang isolasi COVID-19 RS Nyitdah Tabanan dan dua orang lagi merupakan penyintas COVID-19 yang pernah dirawat di ruang isolasi COVID-19 RS Nyitdah Tabanan. Hasil penelitian dari penelitian ini memaparkan bahwa implementasi Komunikasi Terapeutik yang ada di ruang isolasi RS Nyitdah memang sudah dirancang sebelumnya dan di dokumentasikan dalam bentuk Standar Prosedur Operasional RS Nyitdah Tabanan. Sebelum menerapkan Komunikasi Terapeutik, Perawat mengimplementasikan 4 dari 5 prinsip penerapan Komunikasi Kesehatan menurut Wilujeng dan Handaka (2017) yang meliputi mengenal Pasien, memperhatikan diksi, meneliti respon serta menentukan tujuan. Kemudian dalam mengimplementasikan Komunikasi Terapeutik, Perawat ruang isolasi COVID-19 RS Nyitdah Tabanan menerapkan keseluruhan elemen-elemen Komunikasi Terapeutik menurut Videbeck (2007) yaitu trust, genuine interest, empathy, acceptance, positive regard dan self-awareness and therapheutic use of self. Komunikasi Interpersonal menjadi bagian penting dalam penerapakan Komunikasi Terapeutik karena dapat membantu membangun hubungan yang berkualitas dan saling menguntungkan antara Pasien dengan Perawat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Pasien, Komunikasi Interpersonal
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2022 10:01
Last Modified: 12 May 2022 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item