REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM TILIK (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Tilik)

ADIYATHAMA, DIMAS SEPTIAN (2022) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM TILIK (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Tilik). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (DIMAS SEPTIAN ADIYATHAMA)
160905873 0.pdf

Download (705kB)
[img] Text
160905873 1.pdf

Download (796kB)
[img] Text
160905873 2.pdf

Download (512kB)
[img] Text
160905873 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
160905873 4.pdf

Download (308kB)

Abstract

Permasalahan representasi perempuan di industri media, termasuk di dunia pertelevisian dan perfilman, menjadi kajian yang selalu menarik untuk diikuti. Kehadiran, penempatan dan peran perempuan semenjak adanya sinematografi menjadi daya tarik tersendiri untuk diamati dan diteliti. Salah satu film yang masih tergolong baru yang berkaitan dengan representasi perempuan adalah film Tilik yang dalam Bahasa Jawa berarti “menjenguk”. Film ini menceritakan perjalanan sekelompok ibuibu dari sebuah desa yang ingin menjenguk Bu Lurah yang dirawat di sebuah rumah sakit. Obrolan serta gosip mereka menjadi cerita utama dari film tersebut. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa potongan film “Tilik” sebagai data primer. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode Semiotika Roland Barthes. Teori Representasi, teori Perempuan dan Citra Media, serta teori Gender dan Stereotip Gender digunakan untuk analisis lebih lanjut dari data yang sudah dikumpulkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan di media yang telah banyak simpang siur yang dikemas dan direpresentasikan dalam film Tilik. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa film “Tilik” menggambarkan perempuan sebagai kelompok yang kompak, suka gibah atau membicarakan aib seseorang jika sedang bertemu dan berbincang, menunjukkan power dan status sosial melalui pakaian dan perhiasan, tabu jika masuk ke ranah publik, dan pribadi yang tidak memandang fisik dan umur laki-laki yang dicintainya karena melihat power dan kemapanan dari laki-laki tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Film TILIK, teori Semiotika Roland Barthes, teori Representasi, teori Perempuan dan Citra Media, teori Gender dan Stereotip Gender
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2022 11:39
Last Modified: 12 May 2022 11:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26753

Actions (login required)

View Item View Item