PROSES MENGOMUNIKASIKAN NILAI-NILAI ORGANISASI SEMINARI TINGGI OBLAT MARIA IMAKULATA KEPADA PARA FRATER

PRADANA, RAKA AGENG WAHYU (2022) PROSES MENGOMUNIKASIKAN NILAI-NILAI ORGANISASI SEMINARI TINGGI OBLAT MARIA IMAKULATA KEPADA PARA FRATER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (RAKA AGENG WAHYU PRADANA)
170906462 0.pdf

Download (515kB)
[img] Text
170906462 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
170906462 2.pdf

Download (608kB)
[img] Text
170906462 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
170906462 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penanaman nilai-nilai organisasi di Seminari Tinggi Oblat Maria Imakulata kepada para Frater di seminari tersebut. Seminari Tinggi OMI merupakan tempat pendidikan bagi para calon misionaris OMI. Organisasi ini merupkan organisasi keagamaan yang bertujuan untuk menyebarkan Injil. Seminari Tinggi OMI selalu memegang teguh cara hidup dan nilai-nilai yang diajarkan oleh pendiri organisasi yaitu St. Euginius de Mazenod. Nilai-nilai tersebut menjadi budaya organisasi di Seminari Tinggi OMI dan ditanamkan kepada para Frater. Penanaman nilai-nilai yang ada dalam seminari menggunakan model komunikasi linear. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (data primer) terhadap tiga pertisipan yang merupakan Frater yang sedang menjalani masa pendidikan dan rektor seminari. Pengumpulan data juga dilakukan melalui dokumen-dokumen yang terkait dengan topik (data sekunder) tentang organisasi Seminari Tinggi OMI dan juga observasi dengan melihat kegiatan-kegiatan di seminari tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menganalisa data yang didapat terlebih dahulu kemudian menggabungkan dengan teori yang sudah ada sehingga terbentuk penjelasan dan argumen. Hasil temuan data dan analisis yang dilakukan, nilai-nilai organisasi yang ditanamkan kepada para Frater oleh para Formator menyentuh tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan konatif. Kognitif, afektif dan konatif yang ada dalam Seminari Tinggi OMI memiliki perannya masing-masing dalam penanaman nilai-nilai seminari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses komunikasi organisasi, budaya organisasi, organisasi keagamaan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 18 May 2022 10:11
Last Modified: 18 May 2022 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26810

Actions (login required)

View Item View Item