PENGEMBANGAN KERANGKA KATEGORISASI KEBUTUHAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN PRODUK MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MULTILABEL

Sutrilastyo, . (2022) PENGEMBANGAN KERANGKA KATEGORISASI KEBUTUHAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN PRODUK MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MULTILABEL. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sutrilastyo)
195603118_bab 0.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195603118_bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195603118_bab 2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
195603118_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
195603118_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
195603118_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
195603118_bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
195603118_bab 7.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Tahapan desain konseptual merupakan tahapan krusial dalam pengembangan produk karena dalam tahapan ini kebutuhan pelanggan diidentifikasi. Kebutuhan tersebut nantinya jika menjadi pertimbangan selama proses pengembangan produk dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Kebutuhan pelanggan diidentifikasi melalui Voice of Customer (VoC). VoC dapat diperoleh dari beberapa cara, salah satunya melalui review pelanggan yang dikirim di berbagai platform daring. Penelitian ini mengusulkan suatu kerangka pengembangan produk pada tahapan desain konseptual untuk proses kategorisasi review pelanggan menggunakan klasifikasi multi-label. Review pelanggan dikelompokkan berdasarkan label kriteria desain dan sentimen dari review tersebut menggunakan teknik machine learning (ML). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Logistic Regression memberikan performa terbaik dalam memprediksi kedua label kriteria dan sentimen. Selain itu, kategorisasi kebutuhan dapat membantu pengambil keputusan dalam menentukan arah pengembangan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Pembuat keputusan dapat menghemat waktu dan biaya yang muncul apabila ada penggantian desain, sehingga pembuat keputusan dapat menghemat biaya pengembangan produk secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: pengembangan produk, kategorisasi kebutuhan, analisis sentimen, machine learning
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Jun 2022 11:28
Last Modified: 16 Jun 2022 11:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item View Item