ANALISIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI MAHA-SISWA KALIMANTAN BARAT DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Sekretariat Bersama PMKB “J.C Oevaang Oeray”)

SETIAWAN, YOSAFAT TEGUH (2022) ANALISIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI MAHA-SISWA KALIMANTAN BARAT DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Sekretariat Bersama PMKB “J.C Oevaang Oeray”). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (YOSAFAT TEGUH SETIAWAN)
150905610 0.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905610 1.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905610 2.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
150905610 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img]
Preview
Text
150905610 4.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan fungsi komunikasi pada organisasi SEKBER PMKB “J.C. Oevaang Oeray” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah organisasi mahasiswa SEKBER J.C. Oevaang Oeray Yogyakarta. Penentuan narasumber dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi dalam dalam tubuh SEKBER PMKB “J.C. Oevaang Oeray” belum dilaksanakan dengan baik dan fungsi komunikasi dalam tubuh SEKBER PMKB “J.C. Oevaang Oeray” belum dimanfaatkan dengan maksimal. Hal ini ditunjukkan oleh pasifnya para anggota organisasi yang terdiri dari sembilan forum dan dua komunitas, baik dalam pemanfaatan ruang diskusi maupun dalam pemanfaatan fungsi-fungsi komunikasi saat berdinamika di tubuh SEKBER PMKB “J.C. Oevaang Oeray”. Para anggota juga pasif dalam mengambil peran sesuai fungsi-fungsi komunikasi yang ada. Peran SEKBER PMKB “J.C. Oevaang Oeray” yang seharusnya hanya menjadi fasilitator bagi para anggota, akhirnya berubah lebih dominan dan mengarah menjadi penentu utama jalannya organisasi, agar organisasi tersebut tetap hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fungsi komunikasi, organisasi, proses komunikasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Jul 2022 14:29
Last Modified: 29 Jul 2022 14:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27083

Actions (login required)

View Item View Item