PETRISAURA, ELIZABETH FELIA (2022) PENGARUH VALENSI PENDAPAT AKUN INSTAGRAM @MILAROSINTA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI GRAND AMBARRUKMO PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (ELIZABETH FELIA PETRISAURA)
180906510 0.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
180906510 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
180906510 2.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
180906510 3.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
||
|
Text
180906510 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Valensi Pendapat oleh akun Instagram @milarosinta terhadap keputusan menginap di Grand Ambarrukmo pada masa pandemic COVID-19. Valensi Pendapat merupakan salah satu dimensi dari electronic word of mouth. Valensi Pendapat adalah percakapan yang dilakukan oleh konsumen baik positif maupun negatif yang dapat memperlihatkan atau mencerminkan kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen terhadap barang atau jasa yang berdasarkan rekomendasi dari konsumen lainnya (Goyette et al,. 2010). Pandemi COVID-19 membuat kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dibatasi sehingga berdampak pada beberapa hal seperti perhotelan yang masih termasuk dalam sektor pariwisata. pariwisata yang menurun membuat okupansi hotel menurun pula. Hal tersebut mendorong perubahan lanskap industri pariwisata seperti perhotelan menjadi go virtual dengan memanfaatkan influencer sebagai pihak ketiga dalam melakukan pemasaran. Grand Ambarrukmo Yogyakarta merupakan salah satu hotel yang terdampak pandemic COVID-19 dan memanfaatkan influencer sebagai media untuk emasarkan jasanya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden yang merupakan tamu yang pernah menginap di Grand Ambarrukmo dan merupakan followers akun Instagram @millarosinta. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Valensi Pendapat terhadap keputusan menginap. Namun, hasil dari pengaruh yang diberikan menunjukan hasil cenderung rendah sebesar 8,7%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Valensi Pendapat, Influencer, Keputusan Menginap |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 10:44 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 10:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27113 |
Actions (login required)
View Item |