PENGARUH VALENSI PENDAPAT AKUN INSTAGRAM @MILAROSINTA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI GRAND AMBARRUKMO PADA MASA PANDEMI COVID-19

PETRISAURA, ELIZABETH FELIA (2022) PENGARUH VALENSI PENDAPAT AKUN INSTAGRAM @MILAROSINTA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI GRAND AMBARRUKMO PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ELIZABETH FELIA PETRISAURA)
180906510 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906510 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906510 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
180906510 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img]
Preview
Text
180906510 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Valensi Pendapat oleh akun Instagram @milarosinta terhadap keputusan menginap di Grand Ambarrukmo pada masa pandemic COVID-19. Valensi Pendapat merupakan salah satu dimensi dari electronic word of mouth. Valensi Pendapat adalah percakapan yang dilakukan oleh konsumen baik positif maupun negatif yang dapat memperlihatkan atau mencerminkan kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen terhadap barang atau jasa yang berdasarkan rekomendasi dari konsumen lainnya (Goyette et al,. 2010). Pandemi COVID-19 membuat kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dibatasi sehingga berdampak pada beberapa hal seperti perhotelan yang masih termasuk dalam sektor pariwisata. pariwisata yang menurun membuat okupansi hotel menurun pula. Hal tersebut mendorong perubahan lanskap industri pariwisata seperti perhotelan menjadi go virtual dengan memanfaatkan influencer sebagai pihak ketiga dalam melakukan pemasaran. Grand Ambarrukmo Yogyakarta merupakan salah satu hotel yang terdampak pandemic COVID-19 dan memanfaatkan influencer sebagai media untuk emasarkan jasanya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden yang merupakan tamu yang pernah menginap di Grand Ambarrukmo dan merupakan followers akun Instagram @millarosinta. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Valensi Pendapat terhadap keputusan menginap. Namun, hasil dari pengaruh yang diberikan menunjukan hasil cenderung rendah sebesar 8,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Valensi Pendapat, Influencer, Keputusan Menginap
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Aug 2022 10:44
Last Modified: 03 Aug 2022 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item View Item