EFEKTIVITAS PORTAL WEB SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SOSIAL (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Penyampaian Pesan Komunikasi dari Portal Web www.marinyanyi.com Kepada Para Guru TK Swasta di Kota Sleman, Yogyakarta Melalui EPIC Model)

Malumbot, Citra Ivana (2012) EFEKTIVITAS PORTAL WEB SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SOSIAL (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Penyampaian Pesan Komunikasi dari Portal Web www.marinyanyi.com Kepada Para Guru TK Swasta di Kota Sleman, Yogyakarta Melalui EPIC Model). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03522.pdf

Download (1226Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03522.pdf

Download (1919Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3968Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03522.pdf

Download (3295Kb)

Abstract

Masa kanak-kanak awal yaitu dari masa bayi sampai dengan usia 13 tahun. Seperti yang kita ketahui, anak-anak tetaplah seorang anak yang hampir semua kegiatannya bermain, mengekplorasi benda-benda di sekitar dan cepat menyerap apa yang mereka lihat dan dengar, salah satu contoh yang relevan adalah lagu. Saat ini keberadaan lagu anak sangatlah minim di Indonesia. Anak- anak jaman sekarang bisa menirukan lagu dewasa dan mengulanginya dalam kehidupan sehari-hari meskipun mereka tidak mengerti maknanya. Beberapa pihak tergerak untuk melakukan aksi sosial untuk krisis lagu anak, salah satunya Mari Nyanyi menggunakan portal web sebagai media penyampaian pesan komunikasi kepada para guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan teori media pemasaran sosial, teori komunikasi kegunaan dan gratifikasi, portal web, teori efektivitas, serta EPIC Model. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penyampaian pesan komunikasi Mari Nyanyi pada para guru TK Swasta di Kota Sleman,Yogyakarta melalui portal web dengan EPIC Model?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian survei merupakan suatu upaya pengumpulan informasi dari sebagian populasi yang dianggap dapat mewakili populasi tertentu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif untuk mengetahui keadaan sesuatu mengenai apa dan bagaimana, berapa banyak, sejauh mana dari variabel yang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner. Hasil penelitian ini memaparkan semua dimensi EPIC menunjukkan angka efektif. Hal ini menunjukkan bahwa portal web Mari Nyanyi sudah dapat membuat kebutuhan, sikap, tingkat kepercayaan dan pola pikir mereka terpenuhi. Mari Nyanyi memilih portal web sebagai salah satu media pemasaran sosial untuk menyampaikan pesan komunikasi kepada para guru dan orang tua agar lagu anak dapat hadir kembali. Setelah penelitian ini dilaksanakan, saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk saran dalam hal akademik melihat dari segi medianya yakni membedah portal web www.marinyanyi.com. Saran secara praktis dari peneliti diharapkan Mari Nyanyi dapat menggunakan dan melaksanakan media portal web sebagai media pemasaran sosial untuk mempromosikan Komunitas Mari Nyanyi sebagai portal download gratis lagu anak, sehingga dapat menjalin kerja sama dengan beberapa pihat terkait. Penggunaan portal web dapat dilakukan inovasi desain seperti lebih interaktif, penambahan fitur untuk ibu dan anak dapat menjadi referensi komunitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pemasaran sosial, efektivitas, portal web
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:03
Last Modified: 01 May 2013 10:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item