LAURENT, VINCENT (2022) Penilaian Audiens Terhadap Kredibilitas dan Daya Tarik BTS dan Blackpink sebagai Celebrity Endorser Tokopedia. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (VINCENT LAURENT)
17 090 6179 0.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
17 090 6179 1.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
17 090 6179 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
17 090 6179 3.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
||
|
Text
17 090 6179 4.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sejak dahulu perusahaan rela membayar sejumlah uang yang sangat besar kepada seorang celebrity endorser, karena mereka percaya bahwa karakteristik dan kualitas yang dibawa oleh seorang endorser seperti attractiveness dan credibility akan mampu memberikan hasil yang positif terhadap brand dan produk yang mereka iklankan (Erdogan, 1999, h. 291). Menurut Cheng (2014, h. 355) seorang selebritis memiliki kemampuan untuk membuat sebuah iklan dari komunikasi pemasaran yang dilakukan lebih mudah dikenal dan diingat berkat atribut dasar yang dimiliki dari seorang selebritis. Penelitian ini fokus membahas mengenai penilaian responden terhadap kredibilitas dan daya tarik BTS dan Blackpink sebagai celebrity endorser di Tokopedia. Penelitian ini memiliki keunikan dengan membandingkan dan mendeskripsikan penilaian responden berdasarkan jenis kelamin dan signifikansi hubungan antara jenis kelamin dan penilaian responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan keadaan dan informasi penilaian audiens terhadap kredibilitas dan daya tarik BTS dan Blackpink sebagai celebrity endorser Tokopedia sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei yang diisi oleh 400 responden, dengan teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang antara jenis kelamin dan penilaian responden. Penelitian ini menemukan bahwa responden memiliki penilaian yang tinggi terhadap kredibilitas dan daya tarik celebrity endorser Blackpink dan BTS di Tokopedia. Penelitian ini juga menemukan bahwa wanita selalu memiliki penilaian lebih tinggi dibandingkan pria pada kedua atribut dan kedua celebrity endorser di Tokopedia. Melalui penelitian ini juga ditemukan bahwa pada tiga kasus diketahui jenis kelamin memiliki hubungan yang signifikan terhadap penilaian responden, walaupun pada variabel kredibilitas Blackpink, ditemukan tidak ada hubungan yang signifikan di antara jenis kelamin dan penilaian responden.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas, Daya Tarik, Celebrity Endorser, Jenis Kelamin, Penilaian Responden. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 08:59 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 08:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27203 |
Actions (login required)
View Item |