KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI TEMAN TULI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Proses, Hambatan, dan Unsur Penentu Efektivitas Komunikasi Interpersonal dari Teman Tuli di Kota Batam)

NAPITUPULU, THERESIA DESWITA (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI TEMAN TULI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Proses, Hambatan, dan Unsur Penentu Efektivitas Komunikasi Interpersonal dari Teman Tuli di Kota Batam). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (THERESIA DESWITA NAPITUPULU)
150905582 0.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905582 1.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905582 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
150905582 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
150905582 4.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada komunikasi interpersonal dari Teman Tuli di Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses, hambatan, dan unsur penentu efektivitas komunikasi interpersonal berdasarkan hubungaan interpersonal Teman Tuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif, dengan menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Temuan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan empat (4) Teman Tuli berdasarkan hubungan interpersonal dan satu (1) orang sebagai uji validitas. Hasil penelitian yang ditemukan berdasarkan komunikasi interpersonal dari Teman Tuli memiliki perbedaan berdasarkan hubungan interpersonalnya. Pada prosesnya, komunikasi interpersonal pada hubungan percintaan memenuhi unsurunsur penentu efektivitas komunikasi interpersonal. Hal ini disebabkan karena lawan bicara memiliki cara yang sama dalam berkomunikasi. Berbeda dengan hubungan interpersonal lainnya dengan lawan bicara yang tidak bisa Bahasa Isyarat, proses komunikasi cenderung pasif. Komponen yang serupa dalam proses komunikasi interpersonal di setiap hubungan interpersonal adalah Teman Tuli harus memiliki pemahaman bahasa yang baik agar dapat membentuk pesan nonverbal berupa BISINDO. Pada hubungan interpersonal keluarga sesungguhnya memiliki peranan penting terkait proses komunikasi interpersonal Teman Tuli dengan hubungan interpersonal pertemanan dan tempat kerja. Dukungan, sikap positif, empati, dan keterbukaan dari keluarga dapat meminimalisir deprivasi bahasa pada Teman Tuli dan menjadi lebih membuka diri pada lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, unsur penentu efektivitas komunikasi interpersonal, hubungan interpersonal, Teman Tuli
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 25 Aug 2022 13:07
Last Modified: 25 Aug 2022 13:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item