SAPUTRA, MUHAMMAD KELVIN (2022) GARUH INTENSITAS WORD OF MOUTH TERHADAP TINGKAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING OLEH GENERASI Z DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (MUHAMMAD KELVIN SAPUTRA)
150905715 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
150905715 1.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text
150905715 2.pdf Download (825kB) | Preview |
|
Text
150905715 3.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
|
Text
150905715 4.pdf Download (822kB) | Preview |
Abstract
Word of mouth sebagai salah satu bentuk komunikasi dapat memengaruhi antara individu satu dengan yang lain ketika akan mengambil suatu keputusan seperti membeli atau menggunakan jasa tertentu. Perkembangan teknologi membuat word of mouth dapat dilakukan secara jarak jauh menggunakan media elektronik, sehingga word of mouth menjadi elektronik word of mouth. Elektronik word of mouth dapat terjadi dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan teman maupun orang lain yang mengetahui suatu produk, melalui media sosial. Komunikasi ini sering dilakukan oleh generasi Z, yaitu generasi yang lahir pada tahun 1997-2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi kuantitatif dengan metode survei. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran, elektronik word of mouth dan tingkat pengambilan keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengetahui pengaruh intensitas elektronik word of mouth terhadap tingkat keputusan pembelian produk Scarlett Whitening oleh generasi Z. Analisis dilakukan menggunakan distribusi frekuensi dan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas elektronik word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat pengambilan keputusan pembelian generasi Z. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung yang diperoleh sebesar 11,358 dengan signifikansi sebesar 0,000, dan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,568, yang berarti besarnya pengaruh yang diberikan intensitas elektronik word of mouth terhadap tingkat pengambilan keputusan pembelian generasi Z sebesar 56,8%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas elektronik word of mouth, tingkat pengambilan keputusan pembelian, generasi Z |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 13:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 13:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27271 |
Actions (login required)
View Item |