ANALISIS FRAMING LIPUTAN6.COM BERITA PENANGKAPAN KASUS NARKOBA LUCINTA LUNA

DEWI, KADEK MAYDHANIA VIDARI (2022) ANALISIS FRAMING LIPUTAN6.COM BERITA PENANGKAPAN KASUS NARKOBA LUCINTA LUNA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KADEK MAYDHANIA VIDARI DEWI)
150905814 0.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905814 1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905814 2.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
150905814 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
150905814 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Framing yang dilakukan oleh media berita online liputan6.com terhadap berita penangkapan kasus narkoba Lucinta Luna. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan teori analisis framing Zhondang Pan dan Kosichki. Analisis framing yang menjadi pusat perhatian adalah pembentukan pesan dari teks. Framing melihat bagaimana pesan atau peristiwa dikontruksi oleh media dan bagaimana wartawan mengkontruksi peristiwa dan menyajikan kepada masyarakat (Eriyanto, 2009: Hal. 3). Berdasarkan tujuan penelitian ini, kita akan melihat bagaimana konstruksi media atau analisis framing yang sudah dilakukan oleh media liputan6.com terhadap Berita Penangkapan Kasus Narkoba Lucinta Luna di Jakarta tanggal 11 February 2020.Penulis membagi kedalam empat unsur analisis framing per berita yang di analisis yaitu; Struktur Sintaksis, Tematik, Skrip, dan Retoris. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode analisis framing. Analisis framing dapat dikatakan sebagai proses pembingkaian berita oleh media terhadap suatu realitas, baik dari tokoh, peristiwa, dan sebagainya (Eriyanto, 2000: Hal. 3). Objek penelitian ini merupakan berita-berita terkait kasus narkoba oleh public figure Lucinta Luna pada media online Liputan6.com. Penulis memilih objek sampling di hari penangkapan 11 Februari 2020.Subjek penelitian ini adalah media online Liputan6.com. Penelitian ini menggunakan bentuk penyajian berita oleh media online berdasarkan analisis framing oleh Zhondang Pan dan Kosicki. Analisis Framing digunakan untuk menganalisis suatu teks pemberitaan secara komprehensi pada portal media online Liputan6.com pada pemberitaan kasus narkoba oleh Lucinta Luna. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah analisis framing dengan model Zhondang Pan dan Kosicki. Alasan pemilihan model ini, karena Zhondang Pan dan Kosicki menjabarkan sebuah model yang sangat detail dalam melihat pembingkaian berita. (Eriyanto, 2009: Hal. 252) Pan dan Kosicki mengartikan bahwa analisis framing merupakan sebuah proses membuat pesan agar lebih menonjol, menempatkan informasi lebih daripada yang lain sehingga khalayak lebih tertuju pada pesan yang disampaikan tersebut. Pan dan Kosicki menciptakan sebuah analisa yang dapat menggambarkan seorang media yang dapat menempatkan suatu informasi yang lebih daripada lainnya atau lebih menonjolkan suatu pesan berita, sehingga pembaca berita lebih tertuju akan suatu pesan tersebut (Eriyanto, 2009: hal. 252).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Sintaksis, Tematik, Skrip, Retoris, Berita, Media, Konstruksi Media, Kasus Narkoba, Public Figure.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 31 Aug 2022 12:49
Last Modified: 31 Aug 2022 12:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item