ADAPTASI MEDIA PROMOSI PERCETAKAN @MCLPRINT SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DALAM MENYIKAPI PEMBATASAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 2020-2021

WICAKSANA, SAMUEL PUTRA (2022) ADAPTASI MEDIA PROMOSI PERCETAKAN @MCLPRINT SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DALAM MENYIKAPI PEMBATASAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 2020-2021. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SAMUEL PUTRA WICAKSANA)
150905835 0.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905835 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905835 2.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
150905835 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
150905835 4.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu fungsi organisasi dan usaha perusahaan dalam menciptakan serta menyampaikan nilai-nilai perusahaan kepada target konsumen. Dalam proses promosi, perusahaan membutuhkan saluran untuk menyampaikan nilai dan informasi kepada konsumen. Sehingga, komunikasi pemasaran merupakan aspek penting kesuksesan dalam keseluruhan misi pemasaran dan penentu suksesnya pemasaran. Percetakan @mclprint merupakan perusahaan yang menawarkan jasa percetakan digital dan offset yang terletak di Yogyakarta. Percetakan tersebut terletak di lokasi yang tidak strategis namun memiliki divisi khusus yang menangani aktivitas pemasaran, khususnya rancangan unggahan media sosial dengan target konsumen kalangan ritel dan perusahaan yang mencetak dalam jumlah besar sebagai sarana promosi mereka. Sehingga, pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan usaha @mclprint untuk mengkomunikasikan nilai dan informasi kepada konsumennya. Pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan selama masa pandemi COVID-19 yang mengakibatkan terjadinya perubahan pola perilaku dalam masyarakat dan @mclprint harus beradaptasi agar aktivitas pemasarannya dapat terus berlangsung. Dengan menggunakan teori pemasaran bersama bauran promosi dan komunikasi pemasaran, peneliti mengidentifikasi dan menganalisis adaptasi saluran komunikasi yang mereka dan apakah terjadi perubahan aktivitas promosi dalam menyikapi pembatasan selama masa pandemi COVID-19. Hasilnya didapatkan bahwa @mclprint tidak banyak mengubah aktivitas pemasarannya karena ada beberapa aktivitas promosi yang memang telah menggunakan media berbasis daring, sedangkan ada juga aktivitas promosi yang membutuhkan adaptasi saluran komunikasi menjadi berbasis daring. Selain itu juga, didapatkan bahwa terdapat perubahan konten unggahan media sosial dan target konsumen jika dibandingkan dengan masa sebelum dan selama masa pandemi COVID-19 berlangsung. Perubahan tersebut terjadi akibat target konsumen yang berubah yaitu dari ritel dan perusahaan menjadi UMKM. Dapat disimpulkan bahwa @mclprint melakukan adaptasi pemasaran mereka dalam menyikapi pembatasan yang terjadi selama masa pandemi COVID-19 baik dalam hal saluran komunikasi juga dalam hal target konsumen dan sifat konten promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, pandemi COVID-19, pemasaran, promosi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:28
Last Modified: 01 Sep 2022 08:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item