GARUH KREDIBILITAS AKUN INSTAGRAM @DIETSANTUY.ID TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MELAKUKAN DIET

PRATAMA, YEFTA CHRIS (2022) GARUH KREDIBILITAS AKUN INSTAGRAM @DIETSANTUY.ID TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MELAKUKAN DIET. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (YEFTA CHRIS PRATAMA)
180906527 0.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906527 1.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906527 2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
180906527 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
180906527 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kredibilitas akun Instagram @dietsantuy.id terhadap minat followers untuk melakukan diet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas akun Instagram @dietsantuy.id terhadap minat followers untuk melakukan diet. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kredibilitas akun Instagram @dietsantuy.id terhadap minat followers untuk melakukan diet. Pemilihan objek akun @dietsantuy.id dikarenakan akun @dietsantuy.id menyajikan konten yang informatif disertai penjelasan yang singkat namun jelas, dan dipadukan dengan ilustrasi yang mudah dipahami agar followers mengerti cara diet yang benar namun “santuy”, dan belajar tentang nutrisi dan fitness. Peneliti menggunakan teori stimulus-organisme-respon (SOR). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner melalui google form kepada 100 responden yaitu followers akun @dietsantuy.id. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics Version 25 dalam mengolah data hasil kuesioner. Kuisioner yang telah disebarkan kemudian di uji validitas dan reliabilitasnya, kemudian temuan data yang diperoleh di analisis menggunakan uji korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kredibilitas akun Instagram @dietsantuy.id terhadap minat followers untuk melakukan diet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X yaitu Kredibilitas akun Instagram @dietsantuy.id mendapatkan nilai mean sebesar 4,67 pada kategori kuat, dan pada variabel Y yaitu Minat followers untuk melakukan diet mendapatkan nilai mean sebesar 4,42 pada kategori kuat. Pada uji korelasi terdapat hubungan korelasi sedang, kemudian hasil uji regresi linier sederhana menyatakan bahwa variabel X berpengaruh secara positif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, akun Instagram @dietsantuy.id, Minat, Diet
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Sep 2022 13:28
Last Modified: 02 Sep 2022 13:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item