PENGARUH VIRAL MARKETING SPOTIFY WRAPPED TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SPOTIFY INDONESIA USIA 18-34 TAHUN (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Followers Akun Instagram Spotify Indonesia @spotifyid)

PRAJNADIPA, YOLA NIKO (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING SPOTIFY WRAPPED TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SPOTIFY INDONESIA USIA 18-34 TAHUN (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Followers Akun Instagram Spotify Indonesia @spotifyid). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (YOLA NIKO PRAJNADIPA)
180906598 0.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906598 1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906598 2.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906598 4.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
180906598 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Di tengah ketatnya persaingan industri layanan streaming musik, Spotify sebagai salah satu platform streaming musik menghadirkan viral marketing berupa Spotify Wrapped sebagai upaya untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Spotify Wrapped memungkinkan para penggunanya melakukan kilas balik aktivitas mendengarkan lagu selama satu tahun terakhir dan membagikannya ke media sosial. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode survei sehingga penelitian ini berjenis studi kuantitatif eksplanatif. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring yang dibuat melalui fitur daring oleh Google: Google Form. Syarat-syarat responden untuk dapat mengisi kuesioner adalah sebagai berikut: (1) pengguna aktif berlangganan Spotify (Spotify Premium); (2) mengikuti viral marketing Spotify Wrapped dengan menyebarkannya di media sosial Instagram; (3) mengikuti akun Instagram Spotify Indonesia: @spotifyid; (4) berusia 18-34 tahun; (5) berdomisili di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji, menganalisis, dan mengetahui pengaruh viral marketing Spotify Wrapped terhadap loyalitas pelanggan Spotify berdasarkan kuesioner yang telah diisi para responden. Hasil penelitian dari 100 responden pengikut Instagram Spotify Indonesia @spotifyid yang merupakan pelanggan Spotify, membuktikan bahwa terdapat pengaruh Kuat viral marketing Spotify Wrapped terhadap loyalitas pelanggan Spotify Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Loyalitas Pelanggan, Spotify Wrapped, Spotify.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Sep 2022 14:37
Last Modified: 06 Sep 2022 14:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item