PRAKTIK KOMUNIKASI KESEHATAN ANTARA KONSELOR ADIKSI DENGAN PASIEN PENGGUNA NARKOBA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA JAMBI

VALENSIA, CINTYA (2022) PRAKTIK KOMUNIKASI KESEHATAN ANTARA KONSELOR ADIKSI DENGAN PASIEN PENGGUNA NARKOBA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CINTYA VALENSIA)
180906703 0.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906703 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906703 2.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
180906703 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
180906703 4.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Komunikasi kesehatan merupakan komunikasi yang berfokus pada bagaimana seorang individu menghadapi isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan serta berupaya untuk memelihara kesehatannya sendiri. Hubungan antara ahli kesehatan dengan pasien merupakan perhatian utama di dalam komunikasi kesehatan. Salah satu contoh komunikasi kesehatan yaitu konseling. Badan Narkotika Nasional Kota Jambi merupakan lembaga yang memberikan layanan konseling kepada pecandu narkoba untuk membantu memulihkan dengan proses yang telah ditentukan. Walaupun demikian, Badan Narkotika Nasional Kota Jambi tidak terlepas dari tuntutan pasien terhadap layanan yang diberikan. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik komunikasi kesehatan yang terjadi di antara konselor adiksi dengan pasien pengguna narkoba di Badan Narkotika Nasional Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif sebab penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai praktik komunikasi kesehatan antara konselor adiksi dengan pasien pengguna narkoba di Badan Narkotika Nasional Kota Jambi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan bersama narasumber yang telah berpengalaman menjadi konselor adiksi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa situasi konseling dapat berbedabeda setiap kalinya. Terdapat banyak gangguan yang ada sehingga memengaruhi komunikasi antara konselor adiksi dengan pasien pengguna narkoba. Praktik komunikasi di BNNK Jambi ini menempatkan konselor adiksi BNNK Jambi dan pasien pengguna narkoba dapat saling berkomunikasi secara bebas, terbuka, dan terdapat proses timbal balik atas pertanyaan dan jawaban yang diajukan. Sehingga pemulihan pasien dapat berjalan dengan lancar sesuai tujuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kesehatan, Konselor Adiksi, Konseling.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2022 12:13
Last Modified: 07 Sep 2022 12:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27376

Actions (login required)

View Item View Item