“ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN BELANJA ONLINE TIKET PESAWAT DI KOTA YOGYAKARTA”

Anggelis, Ervina Yolanda (2009) “ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN BELANJA ONLINE TIKET PESAWAT DI KOTA YOGYAKARTA”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM15905.pdf

Download (2890Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM15905.pdf

Download (138Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM15905.pdf

Download (180Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM15905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM15905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM15905.pdf

Download (530Kb)

Abstract

Internet perlahan-lahan mulai menggeser budaya pembelian (pemesanan) tiket pesawat dari cara konvensional menjadi lebih modern atau sering disebut Online Shopping (belanja Online). Belanja online adalah proses dimana konsumen membeli produk atau jasa melalui media internet. Dengan demikian atribut produk sangatlah penting untuk dijadikan dasar oleh konsumen dalam melakukan belanja online tiket pesawat. Dalam penelitian ini menggunakan empat atribut yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan belanja online tiket pesawat, yaitu waktu, harga, pelayanan, dan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor waktu, harga, pelayanan dan alternatif yang dapat diperoleh konsumen saat menggunakan media internet terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja tiket pesawat secara online. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan Sampel dari penelitian ini diambil dari jumlah populasi dalam bentuk responden sebanyak 160 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampling Convenience. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor waktu, harga, dan alternatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja tiket pesawat secara online. Keadaan ini memberikan arti bahwa, penghematan waktu dapat dilakukan konsumen, dimana konsumen dapat melakukan pemesanan tiket pesawat dari mana saja, kapan saja memberikan preferensi positif untuk menggunakan media internet (belanja secara online). Dengan menggunakan media internet, konsumen dapat mencari alternatif harga tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Konsumen dapat memilih harga tiket pesawat sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan/daya beli konsumen. Selain itu, konsumen memiliki banyak alternatif maskapai penerbangan, jam penerbangan yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Atribut-atribut, Preferensi Konsumen, Belanja Tiket Online
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jul 2013 08:13
Last Modified: 03 Jul 2013 08:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item