Ahyuwen, Dwight Eisenhower (2021) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN TULUKABESSY KOTA AMBON. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Dwight Eisenhower Ahyuwen)
150216092_Bab 0.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
150216092_Bab 1.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
150216092_Bab 2.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
150216092_Bab 3.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text
150216092_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text
150216092_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
150216092_Bab 6.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Jalan Tulukabessy merupakan salah satu jalan perkotaan di Kota Ambon yang memiliki masalah kemacetan lalu lintas yang cukup tinggi. Permasalahan yang terdapat adalah kemacetan yang disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas pada waktu tertentu seperti pada pagi, siang, dan sore. Parkir yang selalu menggunakan badan jalan akibat kurangnya lahan pakir sehingga terjadi parkir dua baris, keluar masuk kendaraan, angkutan umum yang kerap berhenti sembarangan untuk menurunkan atau menaikan penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya volume lalu lintas pada saat jam puncak, mengetahui volume lalu lintas total, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan Tulukabessy dengan melakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, serta mengetahui solusi untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada jalan tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa data geometrik jalan, data volume lalu lintas, data kecepatan kendaraan, data hambatan samping, dan data sekunder berupa data jumlah penduduk. Pengumpulan data dilaksanakan pada Jalan Tulukabessy Kota Ambon selama tiga hari yaitu hari senin, hari kamis, dan hari sabtu. Waktu penelitian dilaksanakan pada pagi hari pukul 08.00-10.00 WIT, siang hari pukul 12.00-14.00 WIT, dan sore hari pukul 16.00-18.00 WIT. Analisis data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 diperoleh volume lalu lintas (Q) sebesar 1362,1 smp/jam, hambatan samping sebesar 184,1 termasuk dalam kategori rendah (L), kecepatan arus bebas (FV) sebesar 56,73 km/jam, kapasitas (C) sebesar 1603,80 smp/jam, waktu tempuh sebesar 7,81 detik, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,8493. Kondisi ruas Jalan Tulukabessy Kota Ambon di kategorikan dalam tingkat pelayanan D dengan karakteristik arus mendekati tidak stabil, kecepatan masih dikendalikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja, volume, kapasitas, hambatan samping, derajat kejenuhan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 10:56 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 10:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27550 |
Actions (login required)
View Item |