Perancangan Pesan Komunikasi dalam Membentuk Konten di Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kustom Kulture Festival Yogyakarta)

Haneswari, Laksintya (2021) Perancangan Pesan Komunikasi dalam Membentuk Konten di Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kustom Kulture Festival Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Laksintya Haneswari)
14 090 5326 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 090 5326 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 090 5326 2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
14 090 5326 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
14 090 5326 4.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan setiap individu atau kelompok cenderung semakin menempatkan penggunaan internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Salah satu yang begitu terlihat adalah penggunaan media sosial, yang tidak hanya diletakkan sebagai alat eksistensi, tetapi juga sarana promosi supaya setiap pesan tersampaikan secara cepat tanpa tatap muka. Instagram adalah salah satu media sosial yang populer, digunakan sebagai media pengunggah pesan dalam bentuk foto disertai caption. Salah satu festival besar, berbasis di Yogyakarta, yang menggunakan media sosial ini sebagai penyampai pesan utama adalah Kustom Kulture Festival (Kustomfest). Kustomfest diselenggarakan sebagai acara tahunan pada kisaran bulan Oktober di Yogjakarta, kota yang terkenal dengan kekayaan budaya dan peninggalan sejarah. KUSTOMFEST mengundang dan melibatkan seluruh elemen pegiat kustom kulture Indonesia dan pelaku industri kustom global, menampilkan karya kustom terbaik sebagai refleksi kekayaan budaya bangsa Indonesia. Mengingat bahwa seluruh kendaraan kustom memiliki daya tarik dari segi visual, maka Instagram sebagai media sosial cenderung tepat untuk digunakan sebagai tempat menyampaikan pesan. Hanya saja, menariknya bagaimana perancangan pesan komunikasi Kustomfest dalam membentuk konten di Media Sosial Instagram perlu untuk dilihat lebih dalam sebagai rumusan masalah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah tiga orang, yakni Direktur, Wakil Direktur, dan Direktur Marketing. Hasil wawancara pada mereka diterapkan di dalam bidangnya masing-masing untuk menjadi sumber data bagi peneliti dalam menjawab rumusan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, pesan, perancangan, kustom, kultur, konten
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 01 Nov 2022 10:24
Last Modified: 01 Nov 2022 10:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item