EFEKTIVITAS IKLAN SHOPEE VERSI “7.7 MEGA ELEKTRONIK SALE IKATAN CINTA” PADA AKUN @SHOPEE_ID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX STUDI PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @SHOPEE_ID

HUTAGAOL, JUAN CAESARIO (2022) EFEKTIVITAS IKLAN SHOPEE VERSI “7.7 MEGA ELEKTRONIK SALE IKATAN CINTA” PADA AKUN @SHOPEE_ID MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX STUDI PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @SHOPEE_ID. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUAN CAESARIO HUTAGAOL)
17 09 06394 0.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06394 1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06394 2.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
17 09 06394 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06394 4.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Pengguna internet khususnya media sosial yang hingga saat ini terus bertambah di Indonesia membuat pemasar mengubah cara mereka melakukan kegiatan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial adalah pemasangan iklan pada media sosial Tiktok. Shopee Indonesia menggunakan iklan yang ditampilkan di media sosial Tiktok sebagai sarana untuk mempromosikan berbagai macam produk elektronik dalam kampanye 7.7 Mega Elektronik Sale. Shopee Indonesia melalui akun tiktok @shopee_id mengunggah beberapa postingan terkait 7.7 Mega Elektronik Sale salah satunya adalah iklan 7.7 Mega Elektronik Sale Ikatan Cinta. Iklan 7.7 Mega Elektronik Sale Ikatan Cinta tersebut memuat pesan berupa video yang disertai caption. Iklan yang memuat pesan berupa video dan caption tersebut kemudian diharapkan dapat memberikan efek kepada followers akun tiktok Shopee Indonesia sehingga mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas iklan Shopee versi “7.7 Mega Elektronik Sale Ikatan Cinta” pada akun @shopee_id. Efektivitas dalam penelitian ini diukur menggunakan metode Customer Response Index (CRI) dengan mengimplementasikan konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang followers akun Tiktok @shopee_id. Berdasarkan hasil penghitungan CRI, didapatkan nilai persentase sebagai berikut: CRI AISAS sebesar 29%, CRI AIS sebesar 67%, CRI AISS sebesar 45% dan CRI AIAS sebesar 34%. Hasil penghitungan keempat model CRI AISAS tersebut menunjukkan bahwa iklan 7.7 Mega Elektronik Sale Ikatan Cinta yang ditampilkan pada akun Tiktok @shopee_id tidak efektif karena tujuan dari dibuatnya iklan tersebut belum tercapai yakni untuk mengarahkan konsumen melakukan tindakan pembelian. Sebaliknya iklan tersebut efektif apabila tujuan dari dibuatnya iklan adalah sebagai sarana untuk membagikan informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Iklan, Efektivitas, CRI, AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Nov 2022 11:44
Last Modified: 02 Nov 2022 11:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item View Item