PENGARUH TERPAAN INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @EXPLORENUSAPENIDA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG FOLLOWERS PADA ERA NEW NORMAL

CHRISTABEL, . (2022) PENGARUH TERPAAN INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @EXPLORENUSAPENIDA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG FOLLOWERS PADA ERA NEW NORMAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CHRISTABEL)
17 090 6230 0.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6230 1.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6230 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
17 090 6230 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
17 090 6230 4.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Kehadiran era new normal seperti memberikan kesempatan lagi untuk para pelaku usaha pariwisata untuk kembali mempromosikan produk atau jasanya dari berbagai daerah, termasuk Nusa Penida. Salah satu pelaku pariwisata Nusa Penida yang juga melakukan promosi adalah akun @explorenusapenida pada media sosial Instagram. Melalui promosi yang dilakukan, semua orang dapat melihat secara visual keindahan dan informasi-informasi tentang Nusa Penida. Penelitian ini membahas tentang akun Instagram @explorenusapenida yang menyajikan informasi-informasi tentang Nusa Penida kepada pengikutnya dengan tujuan mempromosikan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan kualitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi pada akun Instagram @explorenusapenida terhadap keputusan berkunjung followers pada era new normal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada 100 responden, yaitu followers akun Instagram @explorenusapenida. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics 25 untuk mengolah data hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan informasi akun Instagram @explorenusapenida terhadap keputusan berkunjung followers di era new normal. Berdasarkan hasil uji korelasi dan regresi, terdapat hubungan saling mempengaruhi yang dinilai sedang antara terpaan informasi akun Instagram @explorenusapenida terhadap keputusan berkunjung followers pada era new normal. Sehingga, diperlukan peningkatan kegiatan membagikan informasi dan promosi pada akun Instagram @explorenusapenida agar keputusan berkunjung followers semakin tinggi. Hubungan antara variabel terpaan informasi dan keputusan berkunjung followers dalam penelitian ini bersifat positif (searah) dan terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji regresi, didapatkan bahwa pengaruh yang diberikan terpaan informasi akun Instagram @explorenusapenida adalah sebesar 30,3% dan tergolong rendah. Hasil uji ini menandakan bahwa terdapat 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Informasi, Keputusan Berkunjung, New Normal, AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Nov 2022 12:47
Last Modified: 02 Nov 2022 12:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item