REPRESENTASI ANIMAL CURELTY PADA PRAKTIK ANIMAL TESTING (ANALISIS ISI KUALITATIF MENGENAI ANIMAL CRUELTY PADA PRAKTIK ANIMAL TESTING DALAM KAMPANYE FILM PENDEK #SAVERALPH OLEH HUMANE SOCIETY INTERNATIONAL)

PUTRI, PRISKA DEVI ALVITA (2022) REPRESENTASI ANIMAL CURELTY PADA PRAKTIK ANIMAL TESTING (ANALISIS ISI KUALITATIF MENGENAI ANIMAL CRUELTY PADA PRAKTIK ANIMAL TESTING DALAM KAMPANYE FILM PENDEK #SAVERALPH OLEH HUMANE SOCIETY INTERNATIONAL). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRISKA DEVI ALVITA PUTRI)
17 090 6306 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6306 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6306 2.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
17 090 6306 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 090 6306 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik animal testing masih dilakukan saat ini khususnya pada produk kosmetik. Uji coba menggunakan binatang sebagai objeknya tersebut, kerap berdampak negatif bagi keselamatan binatang. Melalui kampanye #SaveRalph, Humane Society International (HSI) memproduksi film pendek berjudul ‘Save Ralph-A Short Film with Taika Waititi’. Film pendek tersebut berupaya untuk merepresentasikan animal cruelty yang terjadi pada praktik animal testing khususnya pada produk kosmetik. Penelitian ini berjenis kualitatif yang melakukan analisa berdasarkan potongan adegan dalam film pendek ‘Save Ralph-A Short Film with Taika Waititi’. Analisis dilakukan dengan metode analisis isi kualitatif. Penjabaran teori yaitu: Komunikasi Massa, Kampanye, dan Representasi serta konsep: animal cruelty, animal testing, hingga film juga digunakan untuk menganalisa hasil temuan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kepada pembaca representasi fenomena animal cruelty yang muncul pada sebuah kampanye film pendek #SaveRalph. Hasil penelitian ini menunjukan representasi animal cruelty yang muncul pada film pendek. Representasi animal cruelty muncul pada potongan-potongan adegan yang terlihat mengabaikan etika pada praktik animal testing. Etika animal testing yang telah diabaikan pada penggambaran dalam film pendek adalah: konsep Reduction, Refinement, prinsip Freedom from Hunger and thirst, prinsip Freedoms from Pain, injury, & disease, prinsip Freedoms from Discomfort serta prinsip Freedoms To Express Natural.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Animal Cruelty, Animal Testing, Analisis Isi Kualitatif, Representasi, Kampanye #SaveRalph, Film Pendek Save Ralph-A Short Film with Taika Waititi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Nov 2022 14:04
Last Modified: 02 Nov 2022 14:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item