DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGGUNAAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN DALAM UPAYA PENANGANAN MASALAH WANPRESTASI DEBITUR DI KOPERASI KUTA MIMBA BALI CABANG LEGIAN

Putra, I Nyoman Angga Wijaya (2022) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGGUNAAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN DALAM UPAYA PENANGANAN MASALAH WANPRESTASI DEBITUR DI KOPERASI KUTA MIMBA BALI CABANG LEGIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I Nyoman Angga Wijaya Putra)
180513030 0.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513030-1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
180513030-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
180513030-3.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

COVID-19 memiliki dampak yang cukup terasa bagi Indonesia terutama wilayah Bali berkaitan dengan keadaan perekonomian, oleh sebab ini maka terdapat banyak anggota koperasi yang telah melakukan pinjaman kredit di koperasi mengalami permasalahan dalam melakukan kewajiban pembayarannya sehingga terjadinya permasalahan wanprestasi. Untuk mengatasi hal tersebut dan menjamim pengembalian dana dari debitur maka penting adanya jaminan dalam suatu pinjaman kredit yang bisa berupa jaminan hak tanggungan dan perlu adanya penanganan yang dilakukan dari koperasi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penggunaan jaminan hak tanggungan pada masa pandemi COVID-19 serta kriteria kredit debitur dapat dikatakan wanprestasi dan dampak adanya pandemi COVID-19 terdapat proses penanganannya di koperasi KMB cabang Legian. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode yang berjenis penelitian hukum empiris, yang sumber data utamanya diperoleh dari data primer berupa proses wawancara dengan responden maupun narasumber dan data sekunder berupa proses studi kepustakaan. Kesimpulan dari skrispsi ini adalah penggunaan jaminan hak tanggungan pada masa pandemi COVID-19 di Koperasi KMB cabang Legian dilakukan sesuai dengan prosedur hanya saja proses nya online dan kreteria kredit debitur dikatakan wanprestasi jika debitur tidak menjalankan prestasinya dalam melakukan pembayaran pokok dan bunga pinjaman kredit secara tepat waktu. Dampak adanya pandemi COVID-19 terhadap proses penanganan masalah wanprestasi debitur pada Koperasi KMB cabang Legian adalah meningkatnya permasalahan wanpretasi debitur sehingga mengakibatkan penurunan pendapatan koperasi dan penanganan masalah wanprestasi debitur lebih sulit dilakukan oleh karena itu langkah penanganan yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencegahan dan penyelesaian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jaminan Hak Tanggungan, Wanprestasi, Koperasi
Subjects: Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 02 Nov 2022 14:33
Last Modified: 02 Nov 2022 14:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item View Item