ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MYBLUEBIRD PADA PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

NURLITASARI, NADILA PUTRI (2022) ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MYBLUEBIRD PADA PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NADILA PUTRI NURLITASARI)
18 07 09914 0.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 07 09914 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 07 09914 2.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
18 07 09914 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
18 07 09914 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
18 07 09914 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
18 07 09914 6.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

PT. Blue Bird Group merupakan perusahaan taksi terbesar yang masih dapat mengembangkan bisnis nya ke berbagai daerah di Indonesia. Kemajuan internet dan perangkatnya yang semakin maju telah mendorong perusahaan taksi besar di Indonesia itu untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para penggunanya melalui layanan yang telah disediakan pada aplikasi MyBluebird. Aplikasi tersebut dapat di unduh melalui smartphone salah satunya adalah Google Play Store. Data komentar yang diambil melalui kolom ulasan google play store terhadap aplikasi MyBluebird kemudian akan melalui tahap preprocessing dimana data akan dibersihkan sehingga menjadi data yang siap untuk dilakukan klasifikasi sentimen dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dan divalidasi menggunakan K-Fold Cross Validation. Berdasarkan penelitian yang dilakukan komentar pengguna terhadap aplikasi MyBluebird mendapatkan polaritas untuk sentimen bernilai positif sebesar 86,8% atau sebanyak 1225 data, sentimen netral sebesar 8,7% atau sebanyak 123 data, serta sentimen negatif sebesar 4,5% atau sebanyak 63 data. Setelah dilakukannya validasi tingkat iterasi paling tinggi sebesar 84% dengan hasil akurasi sebesar 85%. Hasil tersebut merupakan gambaran pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi MyBluebird untuk memenuhi aktivitas perjalanan mereka serta dapat menjadi evaluasi pengembang dan PT. Blue Bird Group agar terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna taksi Bluebird melalui aplikasi MyBluebird.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MyBluebird, Sentimen, Naïve Bayes Classifier, K-Fold Cross Validation
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Nov 2022 13:36
Last Modified: 03 Nov 2022 13:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item