Wuwur, Rosalia Nidyasari (2022) Anteseden Keterlibatan Konsumen dengan Merek di Media Sosial dan Pengaruhnya pada Niat Berperilaku: Studi pada EdTech RevoU. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Rosalia Nidyasari Wuwur)
205003313_Bab 0.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
205003313_Bab 1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
205003313_Bab 2.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
205003313_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
205003313_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
|
Text
205003313_Bab 5.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, masyarakat sudah awam dalam menggunakan dan memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai kegiatan. Sebagian besar pengguna internet memiliki media sosial yaitu platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi konten serta melakukan interaksi antar individu maupun kelompok. Media sosial juga tidak jarang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran secara digital dan membangun citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterliban konsumen dengan merek di media sosial terhadap sikap pada merek serta niat berperilaku. Pada penelitian ini juga diuji pengaruh keakraban merek dan kualitas informasi terhadap keterlibatan dengan merek di media sosial. Objek pada penelitian ini adalah RevoU yang merupakan perusahaan Edtech, dan penelitian difokuskan pada media sosial Instagram. Responden sebanyak 143 orang pada dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Kriteria yang ditetapkan untuk responden yaitu pengguna Instagram, mengetahui tentang RevoU, serta pernah melihat atau berinteraksi dengan Instagram RevoU. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan alat SEM-PLS (SmartPLS 3.29). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keakraban merek dan kualitas informasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan konsumen dengan merek di media sosial. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan dengan merek di media sosial tidak memberikan pengaruh langsung pada niat berperilaku, namun terjadi pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui variabel mediasi sikap pada merek. Hasil dari penelitian ini juga membuktikan bahwa keterlibatan dengan merek di media sosial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen pada merek.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Niat Berperilaku, Keakraban Merek, Kualitas Informasi, Keterlibatan, Sikap terhadap Merek, Media Sosial. |
Subjects: | Magister Manajemen > E-Business |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:21 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27821 |
Actions (login required)
View Item |