PERANCANGAN KERANGKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONTRAK KERJA DI CV X

., Fernando (2022) PERANCANGAN KERANGKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONTRAK KERJA DI CV X. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fernando)
18 06 09786 0.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 06 09786 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 06 09786 2.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
18 06 09786 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
18 06 09786 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
18 06 09786 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
18 06 09786 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
18 06 09786 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

CV X merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan barang serta pengerjaan kontrak kerja. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah kurangnya waktu yang dimiliki dalam menganalisis dokumen sehingga mengalami keterlambatan dalam memutuskan akan ikut prebid meeting atau tidak. Pengambilan keputusan diawal akan mempengaruhi seberapa besar tantangan yang akan dihadapi dalam pengerjaan kontrak kerja serta hasil akhir yang akan diperoleh perusahaan di mana aspek-aspek yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Akar permasalahan pada penelitian ini ditemukan melalui wawancara dan diskusi langsung dengan direktur dan manajer keuangan CV X yang kemudian dilanjutkan dengan proses mendiskusikan alternatif pilihan solusi dan melakukan perancangan solusi dari beberapa alternatif pilihan solusi yang ada. Pada tugas akhir ini diketahui bahwa akar permasalahan yang dihadapi oleh CV X adalah pada proses pengambilan keputusan dengan jenis proyek kerja berupa pengadaan barang dan jasa masih secara subjektif dan banyaknya hal yang harus dianalisis dari kontrak kerja yang ditawarkan sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan pengambilan keputusan di mana jangka waktu pengambilan keputusan dari kontrak kerja bervariasi dengan kisaran 3 hari hingga 14 hari dari awal saat menerima undangan hingga satu hari sebelum prebid meeting, dampaknya keputusan belum dapat dibuat sebelum batas waktu yang ditentukan untuk mengikuti prebid. Setelah melakukan diskusi dengan direktur dan manajer keuangan CV X mengenai beberapa alternatif solusi yang ditawarkan maka diperoleh hasil bahwa alternatif solusi yang terpilih adalah mendokumentasikan proses bisnis, Standard Operating Procedure (SOP), dan standar kriteria serta kerangka keputusan prebid. Kerangka pengambilan keputusan dibuat dengan menggunakan pendekatan FAHP dan SMART yang terpilih setelah melakukan perbandingan. Metode FAHP merupakan metode yang digunakan dalam melakukan pengurutan kriteria yang digunakan dalam pengambilan keputusan yang hasilnya akan digunakan dalam pembobotan yang dibutuhkan pada metode SMART untuk melakukan pengambilan keputusan untuk memprioritaskan kontrak kerja yang diikuti prebid meeting-nya. Metode FAHP digunakan karena dapat menyelesaikan permasalahan subjektif dan menggunakan triangular fuzzy number yang dapat membantu dalam melakukan pembobotan sedangkan untuk metode SMART terpilih dikarenakan dapat menggabungkan penilaian terhadap kriteria yang kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Proyek, Criteria Selection, Kerangka Usulan Pengambilan Keputusan Kontrak Kerja, Fuzzy Analytical Hierarchy Process, SMART.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Nov 2022 13:18
Last Modified: 08 Nov 2022 13:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27836

Actions (login required)

View Item View Item