YONI, AGUSTINA LEONI CANDRA (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL PERPUSTAKAAN DUSUN JLEGONGAN SEBAGAI RUANG SOSIAL MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Komunikasi Pemasaran Sosial Perpustakaan Dusun Jlegongan dalam Upaya Mengatasi Ketiadaan Ruang Sosial Masyarakat Di Dusun Jlegongan). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (AGUSTINA LEONI CANDRA YONI)
170906238 0.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
170906238 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
170906238 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
170906238 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
170906238 4.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Perpustakaan Dusun Jlegongan sebagai ruang sosial masyarakat. Permasalahan sosial yang ada di Dusun Jlegongan karena ketiadaan ruang sosial di masyarakat menyebabkan minimnya interaksi yang terjadi di Dusun Jlegongan. Berangkat dengan konsep perpustakaan, beberapa pemuda Dusun Jlegongan berusaha mengenalkan masyarakat dengan sebuah ruang sosial. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran sosial Perpustakaan Dusun Jlegongan sebagai ruang sosial masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh dari wawancara dengan anggota perpustakaan dan masyarakat Dusun Jlegongan. Selain itu, peneliti juga mengumpulkan data melalui dokumentasi kegiatan perpustakaan, akun media sosial Perpustakaan Dusun Jlegongan, serta observasi di Dusun Jlegongan. Penelitian menunjukan hasil bahwa komunikasi pemasaran sosial sebagai sebuah upaya untuk mengubah sikap dan perilaku masyarakat ternyata sangat dipengaruhi oleh kondisi masyarakat itu sendiri. Dengan menggunakan komunikasi pemasaran sosial, pengelola Perpustakaan Dusun Jlegongan berusaha memasarkan produk sosial berupa ruang sosial. Pendekatan dengan komunikasi massa dan komunikasi personal dilakukan supaya informasi mengenai perpustakaan tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Implementasi komunikasi pemasaran sosial dengan special event dan personal selling lebih ditekankan pelaksanaannya karena efektif dalam menerapkan sebuah produk sosial. Masih terdapat beberapa hambatan yang terjadi dalam proses perubahan sosial yang menyebabkan implementasi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan belum mendapatkan hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran Sosial, Perubahan Sosial, Ruang Sosial |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 08:15 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 08:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27841 |
Actions (login required)
View Item |