KETERSEDIAAN INTERAKTIVITAS SITUS WEB DAN MEDIA SOSIAL PERUSAHAAN SWASTA DALAM MENGOMUNIKASIKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) SECARA DIGITAL

PATRISIA, BRIGITA NOVENDA (2022) KETERSEDIAAN INTERAKTIVITAS SITUS WEB DAN MEDIA SOSIAL PERUSAHAAN SWASTA DALAM MENGOMUNIKASIKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) SECARA DIGITAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRIGITA NOVENDA PATRISIA)
170906341 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906341 1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906341 2.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
170906341 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
170906341 4.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Interaktivitas telah diyakini sebagai strategi yang harus diterapkan perusahaan dalam dinamika komunikasi media baru. Dimana perusahaan saat ini harus melibatkan pengguna dalam proses komunikasi, bukan hanya memberika n informasi. Terlebih lagi dalam komunikasi CSR yang selama ini masih terus dipertanyakan keterbukaanya. Melibatkan pengguna dalam proses komunikas i CSR adalah faktor strategis dalam menentukan keberhasilan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketersediaan dan model interaktivitas pada situs web dan juga Instagram Astra International dan Bank Central Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketersediaan interaktivitas situs web dan Instagram Astra International dan BCA menggunakan teknik analis is konten. Teori Komunikasi CSR Media oleh Parker dkk, Interaktivitas Cyber oleh McMillan, Fitur Interaktivitas oleh Chung&Chan serta Interaktivitas Media Sosial oleh Huang Travis digunakan pada penelitian ini. Hasilnya adalah kedua perusahaan menganggap isu CSR adalah isu yang penting dalam situs web dengan menerapkan aspek aksesibilitas dan juga multimedia dalam mengomunikasikan CSR. Namun, kedua perusahaan belum menyediakan fitur yang dapat mendukung pengguna dalam komunikasi multiarah. Pada Instagram sebagai media yang interaktif, komunikasi CSR dua arah dan multi arah ditemukan pada commnet section. Perusahaan menggunakan situs web untuk menyampaikan informasi CSR secara lengkap sedangkan media sosial untuk berinteraksi dengan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaktivitas, situs web, media sosial, komunikasi, tanggung jawab sosial perusahaan.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:50
Last Modified: 09 Nov 2022 11:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item