KOMUNIKASI BENCANA OLEH SAMBATAN JOGJA (SONJO) DALAM MENANGANI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SONJO sebagai bentuk partisipasi masyarakat di Yogyakarta)

Ardhieawati/, Maria Aufrida (2022) KOMUNIKASI BENCANA OLEH SAMBATAN JOGJA (SONJO) DALAM MENANGANI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SONJO sebagai bentuk partisipasi masyarakat di Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Maria Aufrida Ardhieawati/)
180906505 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906505 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906505 2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
180906505 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906505 4.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Komunikasi bencana merupakan komunikasi yang terdiri dari empat bagian penting yaitu prevention, mitigation, preparedness dan recovery dalam menangani kebencanaan. Komunikasi bencana dapat memanfaatkan media sosial dalam mendistribusikan informasi terkait bencana kepada masyarakat. Di dalam komunikasi bencana, peran masyarakat sangat penting dalam berpartisipasi dan berkoordinasi terkait informasi bencana..Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan wawancara, observasi dan dokumen sebagai alat penelitian. Penelitian ini meneliti komunikasi bencana yang dilakukan oleh Sambatan Jogja (SONJO) sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid - 19. Peneliti menggunakan teori Komunikasi Bencana, teori Komunikasi Kesehatan, teori Komunitas dan teori Komunikasi Partisipatif. Peneliti melakukan wawancara dengan inisiator SONJO dan tim media sosial SONJO sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SONJO telah melakukan komunikasi bencana yang meliputi prevention, mitigation, preparedness, dan recovery dalam menangani pandemi Covid-19. Komunikasi bencana yang dilakukan oleh SONJO sebagai komunitas tentu tidak lepas dari partisipasi masyarakat. Partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat selama berdinamika dengan SONJO seperti memberikan konten-konten edukasi dalam rangka mewujudkan komunikasi kesehatan sebagai usaha untuk memberikan pengaruh positif dalam berperilaku sehat, memberikan dana secara sukarela untuk kebutuhan program vaksinasi. Kemudian partisipasi tenaga dan buah pikiran dengan para relawan memberikan keterampilan dan ide yang dimiliki untuk program-program kerja SONJO.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Bencana, Komunikasi Partisipatif dan Komunitas
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2022 13:19
Last Modified: 10 Nov 2022 13:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item