PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @UBAHSTIGMA TERHADAP PERSEPSI PENGIKUT MENGENAI KONTEN KESEHATAN MENTAL (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @ubahstigma)

TRIANA, SITUMORANG, PUTRI DESY (2022) PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @UBAHSTIGMA TERHADAP PERSEPSI PENGIKUT MENGENAI KONTEN KESEHATAN MENTAL (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @ubahstigma). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SITUMORANG, PUTRI DESY TRIANA)
180906621 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906621 1.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906621 2.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
180906621 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906621 4.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

mental masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan angka kasus gangguan mental yang terus mnegalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terdapat berbagi faktor yang mempengaruhi pengingkatan kasus gangguan mental, salah satunya adalah adanya stigma kesehatan mental yang menghambat penanganan kasus gangguan mental di Indonesia. Isu kesehatan mental yang belum mendapatkan perhatian serius dan kurangnya informasi mengenai kesehatan mental membuat stigma kesehatan mental terus beredar di masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai terpaan akun Instagram @ubahstigma terhadap persepsi pengikut mengenai konten kesehatan mental yang dibagikan akun Ubah Stigma. Wilayah penelitian ini yaitu pengikut dari akun Instagram @ubahstigma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan akun Intagram @ubahstigma terhadap persepsi pengikut mengenai konten kesehatan mental. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui direct message Instagram kepada 100 responden yang merupakan pengikut dari akun Instagram @ubahstigma. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terpaan konten kesehatan mental yang dibagikan akun Instagram @ubahstigma memberikan pengaruh pada kategori sedang terhadap persepsi pengikut. Penelitian ini mendukung teori S-O-R yang menjelaskan bahwa stimulus khusus yang diberikan kepada seseorang akan menghasilkan respon khusus juga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Terpaan, Persepsi, S-O-R, Instagram.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 11:08
Last Modified: 15 Nov 2022 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27916

Actions (login required)

View Item View Item