Penggunaan Lagu sebagai Media Komunikasi dalam Pembentukan Keterampilan Dasar Anak Usia Dini (Studi Fenomenologi Penggunaan Lagu Karya Guru TK Eksperimental Mangunan dalam Pembentukan Keterampilan Dasar Siswa)

Radita, Cornelia Maria (2022) Penggunaan Lagu sebagai Media Komunikasi dalam Pembentukan Keterampilan Dasar Anak Usia Dini (Studi Fenomenologi Penggunaan Lagu Karya Guru TK Eksperimental Mangunan dalam Pembentukan Keterampilan Dasar Siswa). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Cornelia Maria Radita)
180906663 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906663 1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906663 2.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
180906663 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906663 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini, karena mampu membantu mengembangkan kecerdasan bahasa, mampu belajar mengenai pengetahuan di sekitarnya, membangun kecerdasan sosio emosional, dan masih banyak lainnya. Strategi komunikasi yang digunakan dalam metode pembelajaran anak usia dini cukup beragam salah satunya dengan bernyanyi. TK Eksperimental Mangunan menerapkan strategi komunikasi tersebut dalam proses pembelajarannya, para guru aktif menciptakan lagu untuk mendukung penyampaian pesan dalam project based learning. Proyek yang berbeda di setiap minggunya mempunyai tujuan untuk membentuk keterampilan anak dalam berbahasa, berinterasi sosial, dan practical life. Lagu menjadi media komunikasi untuk mendukung pembelajaran, sehingga teori yang digunakan yaitu Interaksi Simbolik yang memudahkan peneliti untuk melihat bagaimana pesan yang disampaikan melalui lagu dikonstruksi maknanya oleh anak sebagai penerima, dan bagaimana kemudian anak berperilaku dari makna yang telah diterima. Metode yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif di mana peneliti mendeskripsikan penemuan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan dianalisis dengan teori yang telah ditentukkan. Penelitian ini membuktikan bahwa lagu menjadi media komunikasi yang children friendly dan memudahkan anak untuk menerima stimulus dibandingkan dengan dinarasikan dengan kata-kata biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lagu Media Komunikasi, Strategi Komunikasi Anak, Keterampilan Dasar, Children Friendly, Interaksi Simbolik
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 11:37
Last Modified: 15 Nov 2022 11:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item View Item