HARYANA, HELENA CORELLY (2022) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN KENDALA TERHADAP PRESTASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (HELENA CORELLY HARYANA)
161005884 0.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
161005884 1.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
161005884 2.pdf Download (826kB) | Preview |
|
Text
161005884 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
|
Text
161005884 4.pdf Download (614kB) | Preview |
Abstract
Anak-anak berkebutuhan khusus rentan mengalami permasalahan psikologis dan juga kesulitan dalam meraih prestasi yang setara dengan anak-anak pada umumnya. Meskipun demikian, anak berkebutuhan khusus juga dapat mencapai prestasi optimal apabila memperoleh dukungan dari lingkungan di sekitarnya, khususnya keluarga. Di sisi lain, terdapat pula kendala dari keluarga yang dapat menghambat perkembangan prestasi anak berkebutuhan khusus. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui apa saja dukungan dan hambatan yang dapat memengaruhi perkembangan prestasi pada anak berkebutuhan khusus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi siswa dan wawancara mendalam kepada pendamping di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Hasil dari pengambilan data menunjukkan bahwa dukungan yang diberikan keluarga terhadap anak berkebutuhan khusus berupa apresiasi terhadap prestasi yang diraih oleh anak, penyediaan fasilitas yang menunjang bakat dan prestasi anak, serta bantuan pengobatan fisik maupun psikologis. Sementara itu, tidak ada kendala yang berarti dari keluarga yang menghambat perkembangan prestasi anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak berkebutuhan khusus, dukungan keluarga, prestasi |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 11:07 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 11:07 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27967 |
Actions (login required)
View Item |