PROSES KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALCY DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM

WICAKSANA, MARCELLINO YOGA (2022) PROSES KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALCY DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARCELLINO YOGA WICAKSANA)
180906576 0.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906576 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906576 2.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
180906576 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
180906576 4.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Situasi pandemi covid-19 yang ada di Indonesia masih kita rasakan sampai saat ini terutama pada sektor pendidikan. Situasi ini juga dirasakan terutama bagi para peserta didik di Pusat Rehabilitasi YAKKUM yang merupakan anak disabilitas cerebral palsy, hal ini cukup memberatkan bagi mereka, terutama dalam proses pembelajaran dan penerimaan materi selama pandemi covid-19. Strategi pembelajaran yang dilakukan beraneka ragam, mulai dari pembelajaran daring jarak jauh, tatap muka terbatas dan video pembelajaran dengan media belajar baru. Strategi pembelajaran tersebut dilakukan agar tujuan dari kegiatan instruksional bisa tercapai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan observasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi instruksional yang terjadi antara guru kepada peserta didik di Pusat Rehabilitasi YAKKUM di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teori atau konsep proses komunikasi instruksional. Hasil dari penelitian ini adalah proses komunikasi instruksional yang terjadi di Pusat Rehabilitasi YAKKUM adalah proses komunikas yang diawali oleh guru dalam mengajarkan materi kepada para peserta didik dan orang tua agar mampu mengajarkan materi tersebut pada anak mereka di rumah. Proses komunikasi ini menggunakan bantuan media belajar dan video pembelajaran sebagai media penyampaian pesan kepada peserta didik yang sudah disiapkan oleh orang tua dan guru. Terdapat tiga kelas berbeda yang ditentukan berdasarkan kondisi cererbral palcy masing-masing anak, antara lain kelas tomat, kelas wortel dan kelas bayam. Proses pembelajaran pada kelas tomat (kelas respon) yang berfokus pada penunjangan respon dan motorik anak Pada program ini anak diajarkan berbagai metode untuk menunjang stimulus respon fisik sang anak, misalnya memegang benda atapun aktivitas yang bisa merangsang stimulus anak. Pada kelas wortel (kelas pra-akademik) yang berfokus pada penunjangan aktivitas bantu diri anak, biasanya di kelas ini akan diajarkan berbagai metode menyangkut keseharian sang anak agar dapat terlatih aktif dan ,mandiri dan kelas bayam (Kelas akademik) yang befokus pada peningkatan kemampuan akademis siswa dengan disabilitas yang sudah mampu latih dan mampu rawat. Pada program ini juga disebutkan bahwa setara dengan kelas di Taman Kanak-Kanak (TK) A – TK B. Kata kunci : Proses, Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses, Komunikasi instruksional , Cerebral Palsy.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Nov 2022 13:55
Last Modified: 17 Nov 2022 13:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27975

Actions (login required)

View Item View Item