NUGROYANTI, AYU SUCI (2022) Pembentukan Platform Digital E-commerce dan Pembinaan E-commerce UMKM oleh Rumah BUMN BRI D.I. Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (AYU SUCI NUGROYANTI)
181006561 0.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
181006561 1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
181006561 2.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
181006561 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
|
Text
181006561 4.pdf Download (805kB) | Preview |
Abstract
Rumah BUMN (RB) menyediakan ruang untuk pembinaan dan monitoring perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini menghadapi berbagai kebutuhan pengembangan produk, kualitas, pemanfaatan teknologi dan manajemen. Sebagai wadah pembinaan UMKM Rumah BUMN melakukan pembaharuan dalam pelaksanaan program pengembangan UMKM dengan menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan platform digital dan pemanfaatannya dalam proses pembinaan e-commerce UMKM dengan latar belakang beragam di Rumah BUMN BRI D.I. Yogyakarta. Penelitian dengan judul “Pembentukan Platform Digital Ecommerce dan Pembinaan E-commerce UMKM oleh Rumah BUMN BRI D.I. Yogyakarta” dilatar belakangi permasalahan UMKM yang tidak hanya berhenti pada pengembangan produk dan proses produksi tetapi berlanjut hingga proses distribusi pemasaran. Rumah BUMN menjadi Lembaga perantara pengenalan serta sosialisasi penggunaan platform digital bagi UMKM. Studi terhadap permasalahan tersebut dengan menganalisis pembentukan platform digital e-commerce dalam kegiatan pembinaan dengan menggunakan teori SCOT. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengumpulan data sekunder. Data penelitian diperoleh dari kategori pengurus Rumah BUMN dan UMKM binaan. Pada hasil temuan menunjukkan produksi platform digital e-commerce di Rumah BUMN sebagai konstruksi sosial teknologi dengan memanfaatkan 3 platform e-commerce yaitu e-commerce umum, ecommerce khusus dan sosial media. Platform digital e-commerce membantu proses pembinaan yang dikategorikan menjadi UMKM Go Modern, Go Digital dan Go Online. Platform digital e-commerce dalam pembinaan UMKM sebagai solusi UMKM mengatasi permasalahan pemasaran produk dan membantu UMKM meningkatkan kualitas untuk naik kelas menuju digital ekonomi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Pembinaan, UMKM |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 14:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 14:18 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27976 |
Actions (login required)
View Item |