DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENCAPAI KONSENSUS SEBAGAI SUATU UPAYA MERESPONS PERUBAHAN PASCA KEPUTUSAN PENGGABUNGAN UNIT KERJA BERDASAR PADA GROUPTHINK THEORY (Studi Kasus pada Unit Kerja Bagian Kanisius Exclusive Publishing dan Buku Digital PT Kanisius Yogyakarta)

Putri, Theresia Marrie Rosari Chrysaninta Wibowo (2022) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENCAPAI KONSENSUS SEBAGAI SUATU UPAYA MERESPONS PERUBAHAN PASCA KEPUTUSAN PENGGABUNGAN UNIT KERJA BERDASAR PADA GROUPTHINK THEORY (Studi Kasus pada Unit Kerja Bagian Kanisius Exclusive Publishing dan Buku Digital PT Kanisius Yogyakarta). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Theresia Marrie Rosari Chrysaninta wibowo Putri)
185502881_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502881_Bab 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502881_Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
185502881_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
185502881_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
185502881_Bab 5.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis dinamika komunikasi kelompok dalam mencapai konsensus sebagai suatu upaya merespons perubahan pasca adanya keputusan penggabungan unit kerja berdasar pada groupthink theory dengan menggunakan studi kasus pada unit kerja Bagian Kanisius Exclusive Publishing dan Buku Digital. Peneliti mendeskripsikan dinamika komunikasi kelompok ini mengacu pada groupthink theory berdasar pada kondisi pendahulu (antaseden) yang muncul atas tiga faktor yaitu peran pemimpin dalam pengambilan keputusan ketikan menghadapi perubahan; proses pemecahan masalah pada suatu unit kerja dalam menghadapi adanya perubahan; dan pencapaian penyelesaian masalah untuk menghadapi perubahan tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan oleh peneliti di dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah fungsi sentral pemimpin kelompok, dalam hal ini yaitu Kepala Bagian KEP dan Buku Digital mengendalikan pengelolaan dinamika anggotanya terutama dalam menghadapi perubahan degnan mengutamakan sikap tegas terkait kelancaran aktivitas kerja dan menumbuhkan kohesivitas kelompok dengan cara mengelola hubungan sosio-emosional sehingga muncul keterikatan di dalamnya. Kohesivitas ini mempertahankan harmoni kelompok untuk memiliki sikap peduli dan saling mempertahankan keberadaan unit kerjanya dengan mengutamakan keputusan bersama. Keputusan yang dicapai bersifat dinamis, dapat berubah dengan berbagai pertimbangan kritis yang meliputi ketidaksesuaian penetapan instruksi kerja ataupun adanya perubahan di lingkungan sekitar. Pengelolaan sikap kritis terus dikelola oleh Bagian KEP dan Buku Digital agar dinamika dan proses kerja berjalan lancar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Konsensus, Dinamika Komunikasi Kelompok, Groupthink, dan Perubahan
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Nov 2022 11:29
Last Modified: 21 Nov 2022 11:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item