FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT INVESTOR DALAM BERTRANSAKSI REKSA DANA PADA APLIKASI BIBIT

Rahangiar, Maria Irene Angelica (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT INVESTOR DALAM BERTRANSAKSI REKSA DANA PADA APLIKASI BIBIT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Irene Angelica Rahangiar)
18 03 23945 0.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 03 23945 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 03 23945 2.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
18 03 23945 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
18 03 23945 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
18 03 23945 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi niat keberlanjutan transaksi reksa dana pada aplikasi Bibit. Faktor dalam penelitian ini mengukur pengaruh pengguna dalam bertransaksi reksa dana pada aplikasi Bibit dengan mengunakan valance framework berdasarkan theory of reasoned action. Valance framework merupakan pengembangan teori tentang niat individu saat mengadopsi teknologi berdasarkan persepsi risiko dan persepsi manfaat. Persepsi manfaat dapat diartikan sebagai persepsi pengguna yang dapat meningkatkan keinginan untuk melanjutkan penggunaan suatu produk atau layanan. Indikator yang mengukur persepsi manfaat yaitu manfaat ekonomi (economic benefit) dan kenyamanan (convenience). Persepsi risiko merupakan ketidakpastian yang dihadapi oleh konsumen ketika mereka tidak dapat meramalkan konsekuensi dari keputusan pembelian. Indikator yang menjelaskan persepsi risiko adalah risiko keuangan (financial risk), risiko hukum (legal risk), risiko keamanan (security risk), dan risiko operasional (operational risk). Penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan purposive sampling atau berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria yang akan digunakan adalah individu yang sudah pernah bertransaksi reksa dana (investor) pada aplikasi Bibit dengan usia 17-30 tahun. Penyebaran kuesioner dilakukan secara daring dengan menyebarkan kepada 202 responden yang sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis data Partial Least Square dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perceived benefit memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention dan perceived risk memiliki pengaruh negatif terhadap continuance intention. Namun, penelitian ini menemukan bahwa financial risk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived risk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: continuance intention, perceived risk, perceived benefit, net valance framework dan aplikasi Bibit.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:30
Last Modified: 23 Nov 2022 09:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28027

Actions (login required)

View Item View Item