Riyadi, Ricky Ferdinand (2021) IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN (Studi Kasus : Jl. Pantura Kota Pemalang). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Ricky Ferdinand Riyadi)
160216416_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
160216416_Bab 1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
160216416_Bab 2.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
160216416_Bab 3.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text
160216416_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
160216416_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
160216416_Bab 6.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
ebagai jalan arteri yang dilalui berbagai macam kendaraan untuk ke luar kota ataupun dalam kota dengan kecepatan tinggi, Jalan Pantura Kota Pemalang tentunya tak terhindar dari masalah kecelakaan lalu lintas. Jumlah kecelakaan yang terjadi di Jalan Pantura Kota Pemalang terhitung tinggi sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan dan meninjau fasilitas yang ada di daerah rawan kecelakaan. Data primer yang diperoleh berupa kondisi fisik jalan dan kondisi fasilitas jalan yang ada di daerah rawan kecelakaan yang diambil pada tanggal 25 Oktober 2020. Data sekunder yang digunakan yaitu berupa data kecelakaan lalu lintas di Jalan Pantura Kota Pemalang dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019 yang didapat dari Polres Kota Pemalang dan panjang tiap segmen jalan yang diperoleh melalui pengukuran skala dari Google Maps. Metode yang digunakan untuk mencari daerah rawan kecelakaan adalah metode UCL ( Upper Control Limit) dan BKA (Batas Kontrol Atas), dengan menggunakan AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dari 4 kategori yang ada di Indonesia (Polri, Ditjen Hubdat, Puslitbang, dan ABIU-UPK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Pantura Ujunggede merupakan ruas yang selalu menjadi daerah rawan kecelakaan di keempat kategori dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019, dengan nilai AEK di atas UCL dan BKA. Setelah ditinjau kembali, pada ruas Jalan Pantura Ujunggede terdapat beberapa fasilitas jalan yang sudah tidak layak dan kondisi fisik jalan yang perlu diperbaiki. Sebagai alternatif untuk mengurangi angka kecelakaan di ruas ini yaitu dengan memasang rambu rawan kecelakaan dan memperbaiki fasilitas jalan yang sudah tidak layak pakai di ruas jalan yang menjadi daerah rawan kecelakaan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daerah Rawan Kecelakaan, Angka Kecelakaan, Jalan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 14:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 14:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28135 |
Actions (login required)
View Item |