AZARYA, MIKHA (2022) PENGARUH INTENSITAS TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @SEPATUCOMPASS TERHADAP CITRA MEREK SEPATU COMPASS (Studi Eksplanatif terhadap Followers Instagram Sepatu Compass). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (MIKHA AZARYA)
180906500 0.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
180906500 1.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
180906500 2.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
180906500 3.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
|
Text
180906500 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masa pandemi Covid-19 memberikan pengaruh bagi berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi di Indonesia. Namun, terdapat salah satu fenomena yang muncul pada masa pandemi covid-19, dimana berbagai merek lokal di Indonesia di bidang fashion khususnya sepatu, justru bertumbuh pesat. Salah satu merek yang tetap memiliki banyak peminat adalah Sepatu Compass. Tahun 2019 merupakan awal mula Sepatu Compass menggunakan instagram untuk mengenalkan produknya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari adanya intensitas terpaan konten instagram @Sepatucompass terhadap citra merek Sepatu Compass. Teori utama yang digunakan untuk menganalisis topik yang diangkat adalah teori Stimulus- Organism-Response (S-O-R). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif eksplanatif, dengan melibatkan 100 orang responden yang merupakan pengikut akun instagram @sepatucompass. Proses penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggakan teknik simple random sampling yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Untuk menjawab rumusan masalah, dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r adalah sebesar 0,537 serta nilai R square 0,288. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara Intensitas Terpaan Konten Instagram @Sepatucompass Terhadap Citra Merek Sepatu Compass termasuk dalam kategori cukup. Adapun pengaruh dari Intensitas Terpaan Konten terhadap Citra Merek adalah sebesar 28,8%. Nilai regresi variabel Terpaan Konten Instagram @sepatucompass (X) menunjukkan angka sebesar 0,487 yang artinya, jika Terpaan Konten Instagram @sepatucompass mengalami kenaikan sebesar 1%, maka Citra Merek Sepatu Compass (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,487 satuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Konten, Citra Merek, Sepatu Compass |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 09:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 09:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28289 |
Actions (login required)
View Item |