HUBUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI HOST SHOPEE LIVE STREAMING DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Akun Shopee Cess Store)

PURMITASARI, LAKSMAY ALSHIKA (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI HOST SHOPEE LIVE STREAMING DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Akun Shopee Cess Store). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAKSMAY ALSHIKA PURMITASARI)
180906628 0.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906628 1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906628 2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
180906628 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
180906628 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat peluang berbisnis di e-commerce semakin besar. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang memiliki berbagai macam fitur unggulan, salah satunya adalah Shopee Live Streaming. Melalui berbagai penemuan menunjukkan bahwa Shopee Live Streaming merupakan inovasi yang memiliki pengaruh akan keputusan pembelian dan menjadi tren baru dalam mempromosikan barang atau jasa. Salah satu seller yang memanfaatkan fitur tersebut yakni Cess Store. Namun melalui data yang didapatkan, menunjukkan ketimpangan antara jumlah pengunjung, penonton, dan keputusan pembelian yang dimana calon customer hanya melihat live namun tidak sampai pada tahap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui adanya hubungan kompetensi komunikasi yang dimiliki host dengan keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Speech Act. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif eksplanatori dengan metode penelitian survei melalui pengambilan teknik sampel secara non probability dan menggunakan rumus lameshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian dengan analisis Kendall tau_b menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi host dengan keputusan pembelian customer Cess Store menghasilkan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,568. Hal ini mengartikan bahwa variabel kompetensi komunikasi dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif dengan keeratan yang kuat. Melalui hasil tersebut disarankan pihak Cess Store untuk dapat melakukan pelatihan yang intensif terkait komunikasi kepada calon host baru maupun host yang lama agar dapat meningkatkan keputusan pembelian customer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, kompetensi komunikasi, keputusan pembelian.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 26 Jan 2023 11:44
Last Modified: 26 Jan 2023 11:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28302

Actions (login required)

View Item View Item