CITRA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM PEMBERITAAN DI SURAT KABAR Analisis Isi Citra Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Pemberitaan di Surat Kabar Bernas dan Kedaulatan Rakyat Sebelum dan Sesudah Berdirinya Kantor Humas dan Kerjasama

Wijayanti, Karmila (2009) CITRA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM PEMBERITAAN DI SURAT KABAR Analisis Isi Citra Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Pemberitaan di Surat Kabar Bernas dan Kedaulatan Rakyat Sebelum dan Sesudah Berdirinya Kantor Humas dan Kerjasama. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02489.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02489.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02489.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02489.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02489.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Selama ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah cukup banyak disoroti oleh media massa dan sorotan media ini meningkat seiring dengan perkembangan institusi tersebut. Berkiblat dari teori agenda setting, pemberitaan mengenai UAJY ini tentunya patut diperhatikan karena jika pemberitaan mengenai UAJY cukup banyak muncul di media massa, maka akan semakin banyak pula orang yang memperhatikan universitas ini dan pada akhirnya tentunya dapat membentuk citra UAJY di benak publik itu sendiri. Dalam hal ini peran PR sangat dibutuhkan. Kantor Humas dan Kerjasama (KHK) telah melakukan berbagai upaya sehingga pemberitaan mengenai UAJY mengalami beberapa perubahan positif jika dibandingkan dengan periode sebelum KHK ada di universitas ini. Dalam hal ini peneliti mencoba menelaah lebih dalam tentang seperti apa kecenderungan pemberitaan dalam periode sebelum berdirinya KHK (Bulan Juni 2005 sampai dengan Mei 2006) dan setelahnya (bulan Juni 2006 - Mei 2007) serta seperti apa pengaruhnya terhadap citra institusi yang bersangkutan. Peneliti menemukan bahwa terdapat beberapa perbedaan yang signifikan dalam pemberitaan sebelum KHK berdiri dibandingkan dengan setelah KHK berdiri. Sebelum KHK berdiri, berita-berita lebih baik dalam hal ukurannya yang lebih besar, cukup memiliki kelengkapan berita, tidak ada berita yang digabung dengan berita lain, serta angle pemberitaan didominasi oleh UAJY. Sedangkan setelah KHK berdiri, berita-berita yang ada unggul dalam hal pemuatan berita yang mulai ada di halaman muka, dominasi straight news meningkat, PR value meningkat, fokus berita semakin menunjukkan karakter UAJY, citra dan eksistensi UAJY sangat terlihat dalam kebanyakan judul dan badan berita, pemuatan foto dalam berita meningkat, mulai menyebutkan KHK, tone pemberitaan semakin positif, serta banyak menyebutkan atribut organisasi dan persentasenya hampir merata untuk setiap atribut. Berdasarkan data-data yang telah diperoleh tersebut akhirnya dapat disimpulkan bahwa setelah KHK berdiri, citra UAJY dapat dikatakan lebih baik daripada sebelumnya. Media massa menonjolkan UAJY sebagai universitas yang mengedepankan mutu, pelayanan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, tanggung jawab, kebhinekaan, serta integritas. Secara keseluruhan, baik sebelum maupun setelah KHK berdiri, di mata media massa UAJY memiliki citra yang positif. Hal ini tentunya baik bagi UAJY sendiri, karena hal ini juga mengindikasikan bahwa UAJY, khususnya KHK telah berperan aktif untuk membangun hubungan dengan media yang lebih baik. Selain itu, upaya-upaya UAJY khususnya KHK dalam membangun citra positif UAJY dirasa telah cukup berhasil baik. Sehingga pada akhirnya dapat dikatakan cukup sukses untuk membangun citra positif UAJY melalui pemberitaan di media massa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jul 2013 11:42
Last Modified: 08 Jul 2013 11:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item