PURBA, CHRISTIANT (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN UMPAMA COFFEE YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (CHRISTIANT PURBA)
170906407 0.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
170906407 1.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
170906407 2.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
170906407 3.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
||
|
Text
170906407 4.pdf Download (758kB) | Preview |
Abstract
Coffee shop menjadi salah satu usaha yang menyita perhatian masyarakat pada saat ini. Yogyakarta merupakan kota dengan coffee shop terpadat di Indonesia dilihat dari luas wilayah yang relative kecil. Terdapat lebih dari 3000 gerai kopi yang tersebar di Yogyakarta apabila dibandingkan dengan kota besar lainnya di sekitar Yogyakarta, Semarang dan Solo tidak lebih dari 1000 gerai kopi. Pasca kemunculan pandemi Covid-19, coffee shop menjadi salah satu usaha yang terkena dampaknya. Berdasarkan survei dari Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), penjualan coffee shop di Indonesia mengalami penurunan mencapai 70 persen. Selain itu, sebanyak 70 hingga 80 persen coffee shop di Indonesia memutuskan untuk tutup dari pandemi Covid-19. Umpama coffee merupakan salah satu coffee shop di Yogyakarta yang terkena dampak akibat dari adanya pandemi Covid-19 dan mengalami penutupan sementara. Sehingga Umpama Coffee mencari strategi baru dalam memasarkan produknya melalui media sosial Instagram untuk mampu bersaing dan bertahan di tengah pandemic COVID-19. Maka dari itu, topik penelitian ini mengenai Implementai Komunikasi Pemasaran Umpama Coffee Yogyakarta Melalui Media Sosial Instagram di Masa Pandemi COVID-19. Umpama Coffee menggunakan media sosial Instagram menjadi pihak ketiga dalam memasarkan produk yang ditawarkan terhadap konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap dua narasumber yang terlibat dan menguasai komunikasi pemasaran online dari Umpama Cofeemelalui media sosial Instagramdalam menyampaikan pesan ke target sasaran serta untuk meningkatkan pendapatannya di masa pandemi. Dokumen sekunder yang disertakan meliputi survey internal dari Umpama Coffee sebagai data pendukung pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi komunikasi pemasaran Umpama Coffee Yogyakarta melalui media sosial Instagram di masa pandemi COVID- 19 menggunakan komunikasi pemasaran dalam implementasinya yang meliputi, Periklanan pada Umpama Coffee menggunakan media sosial seperti Instagram Promosi penjualan Public Relation, dan Personal Selling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Implementasi Komunikasi Pemasaran, Media sosial Instagram |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 11:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 11:42 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28490 |
Actions (login required)
View Item |