PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Bank Jateng Cabang Wonogiri)

Kristiyani, Agustina (2023) PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Bank Jateng Cabang Wonogiri). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agustina Kristiyani)
180324242_Bab 0.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324242_Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324242_Bab 2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
180324242_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
180324242_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
180324242_Bab 5.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah praktik manajemen sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap komitmen afektif dengan kepuasan kerja sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan memanfaatkan sarana yaitu google form. Jumlah responden yang digunakan adalah 65 responden dengan kriteria yaitu karyawan Bank Jateng Cabang Wonogiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji instrumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis regresi serta uji mediasi. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa praktik manajemen sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan Bank Jateng Cabang Wonogiri. Kemudian ditemukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen afektif. Praktik manajemen sumber daya manusia tidak hanya berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja saja, tetapi juga terhadap komitmen afektif. Penemuan lainnya menunjukan bahwa kepuasan kerja memediasi penuh antara praktik manajemen sumber daya manusia terhadap komitmen afektif karyawan Bank Jateng Cabang Wonogiri. Penelitian ini memberikan saran kepada Bank Jateng Cabang Wonogiri untuk dapat mempertahankan atau dapat lebih baik untuk meningkatkan penerapan praktik manajemen sumber daya manusia supaya meningkatkan tingkat kepuasan kerja karyawan yang nantinya akan berpengaruh kepada tingkat komitmen afektif karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepuasan Kerja, Komitmen Afektif
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 24 Feb 2023 14:23
Last Modified: 24 Feb 2023 14:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item View Item