PENGARUH TINGKAT PENILAIAN PRESENTASI PRODUK DAN TINGKAT PERSEPSI RISIKO TERHADAP TINGKAT INTENSI MEMBELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Terhadap Pengunjung Situs E-Commerce MbakDiskon.com)

Anderson, Cornelis Petra Dharma (2012) PENGARUH TINGKAT PENILAIAN PRESENTASI PRODUK DAN TINGKAT PERSEPSI RISIKO TERHADAP TINGKAT INTENSI MEMBELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Terhadap Pengunjung Situs E-Commerce MbakDiskon.com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03474.pdf

Download (1346Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03474.pdf

Download (792Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03474.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2768Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03474.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03474.pdf

Download (932Kb)

Abstract

Tingkat penetrasi internet yang tinggi berdampak pada meningkatnya pengetahuan netizen (penduduk pengguna internet) dalam mengakses serta memberdayagunakan media ini. Salah satunya adalah meningkatnya minat pengguna internet di Indonesia terhadap belanja online. Website, sebagai salah satu media pemasaran internet harus bisa berkomunikasi secara efektif kepada audiens, layaknya media konvensional. Berbeda dengan media internet lain (jejaring sosial misalnya), website memiliki keunggulan karena kemampuannya memberikan presentasi produk (product presentation) yang lebih informatif. Konsep lain penting yang memengaruhi intensi seseorang dalam membeli produk pada belanja online adalah persepsi risiko. Persepsi risiko merupakan pemikiran konsumen risiko –risiko yang dihadapi dalam memutuskan pembelian atau penggunaan suatu barang atau jasa. Hal ini terdiri dari risiko finansial, psikologis, sosial, kinerja, keamanan, dan waktu/kemudahan. Penelitian ini memfokuskan obyek penelitian pada pengguna situs ecommerce Mbak Diskon.com. Situs yang berdomisili di Yogyakarta ini menyediakan layanan belanja online dengan sistem daily deals. Website ini diminati dengan adanya 315 pengunjung (visitor) dan 819 pageviews perharinya. Penelitian survey eksplanatif ini mengambil sampel user friends dari akun Facebook Mbak Diskon Jogja, dengan jumlah sampel sebanyak 339 responden. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik regresi berganda, didapat bahwa variabel Tingkat Penilaian Presentasi Produk dan Tingkat Persepsi Risiko memiliki pengaruh terhadap Tingkat Intensi Membeli dengan nilai 44,7%. Hal ini berarti Presentasi Produk dan Persepsi Risiko merupakan salah dua faktor yang memengaruhi intensi seseorang dalam membeli produk secara online. Sementara ketika melakukan uji korelasi, Tingkat Penilaian Presentasi Produk memiliki hubungan positif dengan Tingkat Intensi Membeli. Tetapi, hubungan tersebut cenderung memiliki kekuatan yang rendah. Sedangkan Tingkat Persepsi Risiko memiliki hubungan positif terhadap Tingkat Intensi Membeli dengan kecenderungan kekuatan hubungan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Presentasi Produk, Persepsi Risiko, Intensi Membeli, Belanja Online
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:42
Last Modified: 01 May 2013 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item