TOURISM INFORMATION PARK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR IKONIS DI KAWASAN BENTENG VASTENBURG, KOTA SURAKARTA

SARI, ANITA PURNAMA (2020) TOURISM INFORMATION PARK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR IKONIS DI KAWASAN BENTENG VASTENBURG, KOTA SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANITA PURNAMA SARI)
160116403 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116403 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116403 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116403 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116403 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
160116403 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160116403 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kekayaan nilai historis dan budaya Kota Surakarta merupakan salah satu aset potensial pengembangan sektor pariwisata yang memacu kebutuhan akan tersedianya wadah informasi pariwisata. Wadah informasi pariwisata merupakan salah satu strategi pemasaran pariwisata yang dapat meningkatkan minat dan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga kota ini dapat dikenal lebih luas dan merangsang perkembangan di sektor lain. Kawasan Benteng Vastenburg merupakan salah satu cagar budaya yang sempat terbengkalai bertahun-tahun, padahal lokasinya potensial dan strategis untuk dijadikan fasilitas publik berupa teras untuk menyambut wisatawan maupun masyarakat. Fasilitas publik yang menyediakan informasi terkait pariwisata budaya Kota Surakarta diwujudkan melalui perencanaan dan perancangan pusat informasi pariwisata yang tidak biasa, yaitu dengan menyediakan fasilitas penunjang kegiatan wisatawan berkelompok serta ruang terbuka publik untuk mewadahi aktivitas masyarakat di pusat Kota Surakarta. Tourism Information Park dengan Pendekatan Arsitektur Ikonis di Kawasan Cagar Budaya Benteng Vastenburg, Kota Surakarta sebagai sebuah rancangan ruang publik yang menyediakan informasi tentang pariwisata budaya Kota Surakarta sekaligus wadah aktivitas masyarakat melalui tata ruang luar dan tata ruang dalam yang atraktif dengan pendekatan Arsitektur Ikonis. Pendekatan desain Arsitektur Ikonis memiliki karakter khas dan mudah diingat oleh lingkungan sekitarnya sehingga dapat dijadikan penanda karena lokasinya strategis, skala bangunan relatif besar dan megah, memiliki bentuk yang menarik, serta memiliki unsur kekuatan atau kekokohan bangunan yang tinggi sehingga berumur panjang. Tourism Information Park dirancang sebagai teras pariwisata yang ikonis dengan karakter atraktif agar memiliki daya tarik dan bersifat menyenangkan. Karakter desain Atraktif diterapkan melalui pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam yang kontras, dinamis dan mengejutkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taman, Informasi Pariwisata, Ruang Terbuka Publik, Pusat Kota, Kawasan Benteng Vastenburg, Arsitektur Ikonis, dan Desain Atraktif
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 05 May 2023 20:50
Last Modified: 05 May 2023 20:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item View Item