ANALISIS STRUKTUR PESAN PERSUASIF KONSUMEN KOPI LITERAN “TUKUCUR” PADA KOLOM ULASAN E-COMMERCE TOKOPEDIA

Pratama, Mikhael Ricky (2023) ANALISIS STRUKTUR PESAN PERSUASIF KONSUMEN KOPI LITERAN “TUKUCUR” PADA KOLOM ULASAN E-COMMERCE TOKOPEDIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Mikhael Ricky Pratama)
160905998 0.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905998 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905998 2.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
160905998 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
160905998 4.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pesan persuasif yang berbentuk digital pada review produk “TUKUCUR” di e-commerce Tokopedia, dan juga bertujuan untuk mengetahui serta mengidentifikasi pesan yang terdapat dalam ulasan yang dilakukan oleh reviewer. Pandemi Covid-19 membuat beberapa sektor kegiatan menjadi online, salah satunya kegiatan jual beli. Pada masa pandemi Covid-19 ini terdapat penurunan penjualan offline kedai kopi hingga 30% (Hamdani, 2020). Salah satu coffeeshop yang memanfaatkan kesempatan penjualan secara online ini adalah Kopi Tuku, dengan produk kopi literan yang bernama TUKUCUR dan dipasarkan melalui Tokopedia. Tokopedia membuat calon pembeli dapat melihat hal lain selain gambar dan deskripsi yang diberikan penjual, sehingga dapat melakukan keputusan pembelian, yaitu review atau tinjauan yang diberikan oleh pembeli atau konsumen lain yang dapat berupa bintang/rating, dan juga online customer review yang berupa tulisan, foto, maupun video. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi dengan melakukan pengamatan review produk TUKUCUR selama bulan Desember 2021 dan Februari 2022. Penelitian ini menemukan bahwa hasil paling tinggi terdapat pada struktur pesan messages sideness pada one side dengan persentase sebesar 22,8% dan conclusion drawing yaitu explicit dengan persentase sebesar 22,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan Persuasif, Electronic Word of Mouth, E-commerce
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 May 2023 18:04
Last Modified: 09 May 2023 18:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28949

Actions (login required)

View Item View Item