PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK TELKOMSEL ORBIT DI PT. TELKOM WITEL SULAWESI TENGAH

RUAUW, GABRIEL JULIANO (2023) PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK TELKOMSEL ORBIT DI PT. TELKOM WITEL SULAWESI TENGAH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GABRIEL JULIANO RUAUW)
180906545 0.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906545 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906545 2.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
180906545 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906545 4.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prencanaan komunikasi pemasaran produk Telkomsel Orbit di Telkom Witel Sulawesi Tengah. Hal ini dikarenakan seluruh hasil penjualan produk Telkomsel Orbit dilakukan melalui aktivtias komunikasi pemasaran yang sudah di tentukan sebelumnya oleh pihak Telkom Witel Sulteng masih belum bisa mencapai target yang sudah di tetapkan. Perencanaan komunikasi pemasaran merupakan cara atau tahapan dari perusahaan dalam menentukan target pasar, serta dapat mempertahankan pelanggan melalui penyampaian atau mengkomunikasikan nilai yang unggul dari sebuah produk kepada pelanggan. Perencanaan komunikasi pemasaran ini diimplementasikan oleh pihak Telkom Witel Sulteng dalam bentuk aktivitas komunikasi pemasaran untuk produk Telkomsel Orbit melaui iklan, penjualan personal, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung, serta acara dan pengalaman. Jenis dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu fenomena secara mendalam dengan mengkaji data secara mendalam dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam (indepth interview) dan obervasi. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji suatu fenomena atau peristiwa secara mendalam melalui fakta - fakta yang ditemukan di lapangan. Penelitian ini menggunakan teori dan kerangka konsep dari perencanaan komunikasi pemasaran dan aktivitas komunikasi pemasaran. Hasil dari penelitian ini yaitu tahap pertama dalam perencanaan komunikasi pemasaran produk Telkomsel Orbit di Telkom Witel Sulteng diawali dengan menentukan tujuan komunikasi pemasaran yaitu untuk branding dan meningkatkan penjualan. Tahap kedua yaitu menentukan khalayak. Tahap ketiga yaitu menetukan jenis alat dan media, lalu pada tahap keempat merancang pesan. Tahap kelima yang dilakukan yaitu menetukan anggaran, dan tahap terakhir yang dilakukan oleh pihak Telkom Witel Sulteng yaitu mengukur hasil dan evaluasi. Urutan tahap perencanaan komunikasi pemasaran Telkomsel Orbit di Telkom Witel Sulteng memiliki perbedaan dengan urutan tahapan perencanaan komunikasi pemaasaran yang dijelaskan dalam teori.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Telkomsel Orbit, Perencanaan Komunikasi Pemasaran, Aktivitas Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2023 19:08
Last Modified: 12 May 2023 19:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28992

Actions (login required)

View Item View Item