Pengaruh Keadilan Organisasi dan Iklim Etis terhadap Niat Tinggal Karyawan dengan Variabel Mediasi Penilaian Kinerja (Studi pada Karyawan Perusahaan Farmasi)

Veronica, Maya (2023) Pengaruh Keadilan Organisasi dan Iklim Etis terhadap Niat Tinggal Karyawan dengan Variabel Mediasi Penilaian Kinerja (Studi pada Karyawan Perusahaan Farmasi). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maya Veronica)
205003355_Bab 0.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205003355_Bab 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205003355_Bab 2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
205003355_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
205003355_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
205003355_Bab 5.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 merupakan bentuk kemajuan bisnis yang merupakan gabungan antara informasi dan teknologi. Perubahan ini membawa dampak bagi seluruh sektor, salah satunya adalah pengelolaan aset perusahaan yang penting yaitu sumber daya manusia. Fenomena yang sering terjadi adalah perilaku karyawan yang bisa mengakibatkan perubahan kinerja perusahaan. Salah satu perilaku yang dapat mengubah adalah adanya niat tinggal karyawan sebagai bentuk komitmen dan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Niat tinggal karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain persepsi terhadap keadilan dan lingkungan yang kondusif di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasi dan iklim etis terhadap niat tinggal melalui penilaian kinerja karyawan terhadap perusahaan. Objek penelitian adalah karyawan pada perusahaan farmasi yang berkantor pusat di Yogyakarta dengan cabang di beberapa daerah. Responden sebanyak 104 orang dikumpulkan melalui metode purposive sampling. Kriteria yang ditetapkan sebagai responden adalah karyawan dengan status karyawan tetap dan berasal dari berbagai divisi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis SEM PLS menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keadilan organisasi tidak berpengaruh terhadap niat tinggal karyawan. Iklim etis juga terbukti tidak berpengaruh positif terhadap niat tinggal. Penilaian kinerja yang dilakukan karyawan terhadap perusahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat tinggal. Selain itu penilaian kinerja menjadi perantara atau mediator antara pengaruh keadilan organisasi terhadap niat tinggal. Hal ini merupakan perwujudan persepsi karyawan yang positif terkait keadilan organisasi yang juga memberi efek positif terhadap niat karyawan untuk tetap bertahan atau tinggal di perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasi, Iklim Etis, Penilaian Kinerja, Niat Tinggal, Perusahaan Farmasi
Subjects: Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 May 2023 15:31
Last Modified: 17 May 2023 15:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item