PROSES KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING INFLUENCER VINCENTIA TIFFANI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

SUKAMTO, OLIVIA MEGAN (2023) PROSES KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING INFLUENCER VINCENTIA TIFFANI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OLIVIA MEGAN SUKAMTO)
180906637 0.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906637 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906637 2.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
180906637 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
180906637 4.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Personal branding menjadi hal yang penting bagi seseorang, apalagi influencer karena digunakan sebagai cara untuk mengomunikasikan dan melaksanakan semua hal yang membuat seseorang dapat dipasarkan dengan membangun jaringan kepada audiens. Ketika seorang influencer membangun personal branding tentu harus memperhatikan kriteria, seperti keotentikan, integritas, konsitensi, spesialisasi, otoritas, keberbedaan, relevan, visibilitas, kegigihan, kebaikan, dan kinerja. Sama halnya dalam penelitian ini, Vincentia Tiffani sebagai seorang influencer membangun personal branding tersebut pada media sosial TikTok melalui penerapan formula Circle P, yakni Competency, Connectivity, Creativity, dan Compliance & Contribution. Penelitian ini berfokus kepada personal branding dari Vincentia Tiffani pada media sosial TikTok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan penyajian data berdasarkan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Pada penelitian ini memiliki dua narasumber yaitu Vincentia Tiffani dan admin. Triangulasi data juga digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan kesesuaian antara kedua narasumber. Selain menerapkan formula Circle P, Vincentia Tiffani juga memanfaatkan fitur-fitur TikTok sebagai sarana penunjang pembentukan personal branding. Penelitian ini menunjukkan bahwa influencer Vincentia Tiffani telah melakukan personal branding pada media sosial TikTok dengan menerapkan keempat siklus personal branding Circle-P. Personal branding unggulan milik Vincentia Tiffani adalah ketika ia memegang teguh kejujuran akan review produk dan selalu mencoba produk tersebut terlebih dahulu. Kejujuran, kreatifitas, dan keunikan konten Vincentia Tiffani membuat banyak audiens yang setia dan terus mengikuti jejak Tiffani sebagai Beauty Influencer di TikTok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Influencer, Tiktok
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 May 2023 19:57
Last Modified: 17 May 2023 19:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29032

Actions (login required)

View Item View Item